Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Core Pada Siswa Kelas XI MIPA 2 Sma Negeri 1 Baureno Bojonegoro
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.3223Keywords:
Prestasi Belajar, Pembelajaran Kooperatif, Model COREAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiprestasi belajar matematika siswa kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro sesuai dengan target yang telah ditentukan. Target penelitian ini sebanyak ≥75% siswa kelas XI MIPA 2 memenuhi nilai KKM matematika sebesar ≥75. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus. Penelitian ini menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe CORE yang memiliki 4 komponen yaitu (1) connecting (menghubungkan) (2) organizing (mengorganisasi); (3) reflecting (merefleksi); dan (4) extending (memperluas). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 2 SMA Negeri 1 Baureno sebanyak 35 siswa. Sebelum dilakukan tindakan, sebanyak 24 siswa kelas XI MIPA 2 mendapat nilai matematika di atas KKM berdasarkan hasil nilai UAS. Data yang digunakan pada penelitian ini adalah prestasi belajar yang diperoleh dari hasil tes setiap siklus didukung oleh data observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas XI MIPA 2 dimana sebanyak 30 siswa (83,33%) mendapat nilai di atas KKM.
Downloads
References
Anggrain, D., & Veronica, R. B. (2015). Unnes Journal of Mathematics Education Kepercayaan Diri Siswa Kelas VIII Info Artikel Abstrak. 4(3).
Arifah, Y. N. (2015). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Kreatif Siswa SMP. d.
Arifin, S. (2020). Matrix Laplace Transform Method And It Applications On Spring-Mass Systems. Factor M, 2(2), 85–101.
Ayu, G., Dewi, N., Dantes, N., & Jampel,
I. N. (2015). Pengaruh Penerapan Model Core Terhadap Kecamatan Denpasar Barat. 5(1), 1–10. Kd Windu Wardika, Ketut Udy Ariawan,
I. P. S. A. (2015). Penerapan Model Core ( Connecting , Organizing , Reflecting , Extending ) Meningkatkan Hasil Aktivitas Belajar Perakitan Komputer Kelas XTKJ2. JPTE, 4 no 1(1).
Rizki, Z., Harefa, A., Pulungan, P. H., & Mujib, A. (2020). Kajian Hasil Penelitian Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muslim
Nusantara Al- Washliyah Tahun 2016 / 2017. 02(02), 113–121.
Septian, A., Agustina, D., & Maghfirah, D. (2020). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. 2(2), 10–22.
SI Kusrianto, Suhito, W. (2016). Keefektifan Model Pembelajaran Core Berbantuan Pop Up Book Terhadap Kemampuan Siswa Kelas
VIII pada Aspek Representasi Matematis. 5(2).
Smp, N., & Suka, L. (2020). Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Lengkung Melalui Penerapan Model. 3(1), 240–249.
Surur, A. M. (2017). Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri
. Prosiding Seminar Nasional PPKn III, 1–8.
Surur, A. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Khatabah (Public Speaking Skill) Santri Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri. Ijaz Arabi
Journal of Arabic Learning, 1(2).
Surur, A. M. (2021). Thorndike’s Theory for Improving Madrasah Teacher’s Creative Thinking and Publication. 828–839.
Surur, A. M., Rosyidi, A. H., Prasetia, Y. A., Asrori, K., & Azizah, L. (2018). Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi
Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian). Factor M, 1(13–32).
Syamsudin, A. (2020). Analisis Kesalahan Coding Bahasa Pemrograman Java Pada Matakuliah Algoritma Pemrograman Mahasiswa Tadris
Matematika IAIN Kediri. Factor M, 2(2), 102–114.
Untari, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Dan Tipe Time Token Arends Terhadap
Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemampuan Berinteraksi Siswa. Factor M, 3(1).
Writing, A. R., Calfee, R. C., & Miller, R. G. (2005). Students. 203–219.