Gender, Kepribadian, dan Interaksinya terhadap Kemampuan Berfikir Matematis

Authors

  • Drajat Stiawan Institut Agama Islam Negeri Pekalongan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.3167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir matematis berdasarkan gender dan kepribadian. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan perbankan syariah angkatan 2019 dengan sampel sejumlah 60 mahasiswa dengan menggunakan teknik pengambilan model Slovin. Pada penelitian ini, teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua arah (two way ANOVA) dengan bantuan perhitungan melalui SPSS 21. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa (1)Terdapat perbedaan kemampuan berfikir matematis berdasarkan gender. Hal ini berdasarkan nilai signifikansi pada tabel anova diperoleh nilai 0,00 lebih kecil dari 0,05. (2)Tidak terdapat perbedaan kemampuan berfikir matematis berdasarkan kepribadian. Hal ini berdasarkan nilai signifikansi pada tabel anova diperoleh nilai 0,230 lebih besar dari 0,05. (3)Tidak terdapat interaksi gender dengan kepribadian terhadap kemampuan berfikir matematis. Hal ini berdasarkan nilai signifikansi pada tabel anova diperoleh nilai 0,068 lebih besar dari 0,05.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, A. 2016. “Profil Penalaran Deduktif Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri Berdasarkan Perbedaan Gender.†APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 2(1):8–21.

Alex, Sobur. 2003. Psikologi Umum Dalam Lintas Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: BumiAksara.

Elliot, et all. 2000. Effective Teaching Educational Psychology. Singapore: Mc. Graw Hill.

Fardah, D. K. 2012. “Analisis Proses Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended.†Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 3(2):91–99.

Geary, D. C., Saults, S. J., Liu, F., & Hoard, M. K. 2000. “Sex Differences in Spatial Cognition, Computational Fluency, and Arithmetical Reasoning.†Journal of Experimental Child Psychology 77(4):337–353.

Kusumawati, R., & Nayazik, A. 2017. “No Kecemasan Matematika Siswa SMA Berdasarkan Gender.†Journal of Medives 1(2):92–99.

Pehkonen, Erkki. 1997. “The State of Art in Mathematical Creativity.†Zentralblatt Fur Didaktik de Mathematik 29(3):63–67.

Pervin, Laurence, A, dkk. 2004. Psikologi Kepribadian Teori Dan Penelitian. 9th ed. Jakarta: Kencana.

Rahman, R. 2012. “No TitleHubungan Antara Self-Concept Terhadap Matematika Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa.†Infinity Journal 1(1):19–30.

Rohaeti, E. 2010. “Critical and Creative Mathematical Thinking of Junior High School Student.†Educationist Journal 4(2):99–106.

Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Utaminingsih, S., Dkk. 2012. “Tipe Kepribadian Dan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMA †X †Tangerang.†Jurnal Psikologi Volume 10(1):48–57.

Weaver-Hightower, M. 2003. “The ‘Boy Turn’ in Research on Gender and Education.†Review of Educational Research 73(4):471–498.

Wulan, E. R., & Anggarini, R. E. (2019). Gaya Kognitif Field-Dependent dan FieldIndependent sebagai Jendela Profil Pemecahan Masalah Polya dari Siswa SMP. Factor M, 1(2).

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Stiawan, D. (2021). Gender, Kepribadian, dan Interaksinya terhadap Kemampuan Berfikir Matematis. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 113–124. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.3167

Issue

Section

Articles