Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis STEM Rumah Hidrolik Ditinjau dari Hasil Belajar dan Respon Siswa terhadap Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.2611Keywords:
Media Pembelajaran, STEM, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan Media Pembelajaranrumah hidrolik berbasisSTEM (Science, Technology, Engeenering, and Mathematics) pada materi bangun ruang sisi datar; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis STEM berdasarkan validasi/penilaian dari ahli media dan ahli materi (3) mengetahui kepraktisan media pembelajaran rumah hidrolik berbasis STEM oleh praktisi pembelajaran; (4) mengetahui keefektifan media pembelajaran rumah hidrolik berbasis STEM. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs. Hidayatus Sholihin. Jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) ini menggunakan model pengembangan ADDIE. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Media Pembelajaran berbasis STEM dikembangkan melalui lima tahapan yaitu (a) Analisis (Analysis), b) Desain (Design), c) Pengembangan (Development) d) Impelementasi (Implementation) dan e) Evaluasi (Evaluation); (2) tingkat kelayakan media pembelajaran STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh 83% yang termasuk dalam kategori layak, ahli media diperoleh 89,2% yang termasuk dalam kategorilayak,(3) tingkat kepraktisan berdasarkan penilaian praktisi pembelajaran diperoleh 94% yang termasuk dalam kategori sangat praktis; (3) hasil respon siswa diperoleh 80,6% yang termasuk dalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, media pembelajaran rumah hidrolik berbasis STEM yang dikembangkan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran bangun ruang sisi datar, (4) Hasil rata-rata nilai yang diperoleh oleh siswa mencapai di atas KKM yang telah ditentukan oleh pihak sekolah.
Downloads
References
Gustiani, Widodo & Suwarma. (2017). Development and validation of science, technology, engineering and mathematics (STEM) based instructional material , 1-7.
Heryanti, A. D. (2020). Pembelajaran Berbasis STEM untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Energi dan Keterampilan Berpikir Kreatif Melalui Projek PLTMHH. Jurnal Wahana Pendidikan , 77-84.
Ishafit, S. R. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interatif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum. 1-11.
Ismayani. (2016). Pengaruh penerapan STEM project- based learning terhadap kreativitas matematis siswa SMK. , 264-272.
M, S. S. (2015). Kreativitas Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR). Al-Jabar , 81-90.
Milaturrohmah, Mardiyana & Pramudya. (2017). Mathematics Learning Process with Science , Technology , Engineering , Mathematics ( STEM ) Approach in Indonesia. , 1-7.
Munthe, B. (2009). Desain Pembelajaran. Yogyakarta: PT. Pustaka Insan Madani.
Putra & Anggaraini . (2016). Pengembangan Bahan Ajar Materi Trigonometri Berbantuan Software iMindMap pada Siswa SMA , 39-47.
Rahma Suwarma, I. d. (2015). Ballon Powered Car Sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis STEM (Science, Technology, Engeneering, and Mathematics. 373-376.
Rohmatul M, N. d. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Kayaku (Kayanya Alam Negriku) Berbasis STEM Kelas IV Sekolah Dasa. 97-105.
Sri Rezeki dan Ishafit. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interatif untuk Sekolah Menengah Atas Kelas XI pada Pokok Bahasan Momentum , 1.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metodologi Penelitian & Pengembangan Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Suherman. (2015). Kreativitas Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Pola Bilangan dengan Pendekatan Matematika Realistik (PMR) , 81-90.
Winarni, Zubaidah & Koes. (2016). STEM: Apa, Mengapa, Dan Bagaimana.
Zain, S. B. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta