Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash CS6 pada Kelas IV MI NW Sukamulia
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.3092Keywords:
Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, ADDIEAbstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan media pembelajaran Interaktif Berbantuan Adobe Flash CS6.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development), langkah-langkah penelitian ini
berpedoman pada model ADDIE yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Subjek penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas IV MI NW Sukamulia. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kelayakan Media Pembelajaran yang
dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli media dan ahli materi, dan untuk mengetahui respon siswa menggunakan angket
respon siswa. Berdasarkan hasil penelitian, didapatkan skor dari ahli media sebesar 74 dan ahli materi sebesar 46 dengan skor rata-rata sebesar 60 yang berada pada kategori sangat baik sehingga sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Sedangkan respon siswa memperoleh hasil skorsebesar 74 dengan kategori sangat baik, sehingga dapat dikatakan media pembelajaran interaktif berbantuan Adobe Flash CS6 yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.
Downloads
References
Abdullah, R. (2017). Pembelajaran dalam perspektif kreativitas guru dalam pemanfaatan media pembelajaran. Lantanida Journal, 4(1), 35–49.
Adzimah, W. (2017). Strategi Pembelajaran Pada Pelatihan Menjahit Di Lembaga Kursus Dan Pelatihan Eka Mulya. Universitas Negeri Semarang.
Ahmadi, F. (2017). Guru SD di Era Digital: Pendekatan, Media, Inovasi. CV. Pilar Nusantara.
Aini, N. (2017). Studi Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar Sejarah di SMA N 1 JEPARA dan SMA N 1 BANGSRI Kelas X Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 dalam Kurikulum 2013. Universitas Negeri Semarang.
Akrim, A. (2018). Strategi Peningkatan Daya Minar Belajar Siswa (Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa). Kumpulan Buku Dosen, 1(1).
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Alwi, S. (2017). Problematika guru dalam pengembangan media pembelajaran. ITQAN: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan, 8(2), 145–167.
Arif, S. (2019). Pengembangan media pembelajaran Mind Mapping berbasis perangkat lunak pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas X untuk meningkatkan efektivitas belajar siswa di MA Manba’ul Qur-an Mojokerto. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Asmara, A. P. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis audio visual tentang pembuatan koloid. JURNAL ILMIAH DIDAKTIKA: Media Ilmiah Pendidikan Dan Pengajaran, 15(2), 156–178.
Badaruddin, A. (2015). Peningkatan motivasi belajar siswa melalui konseling klasikal. CV Abe Kreatifindo.
Dewi, N., Murtinugraha, R. E., & Arthur, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Kuliah Teori dan Praktik Plambing di Program Studi S1 PVKB UNJ. Jurnal Pensil: Pendidikan Teknik Sipil, 7(2), 95–104.
Fatmawati, S. (2015). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X TKJ SMK Hidayah Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Hakim, A. R., & Windayana, H. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD. EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru, 4(2).
Hanafi, H. (2018). Ilmu Pendidikan Islam. Deepublish.
Harisah, A. (2018). Filsafat Pendidikan Islam Prinsip dan Dasar Pengembangan. Deepublish.
Hidayat, W., & Sudibyo, N. A. (2018). Implementasi pembelajaran interaktif elektronika dasar menggunakan adobe flash cs6 pada kelas semu dengan google classroom berbasis framework rad. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 1(2), 17–24.
Ibda, H. (2017). Media Pembelajaran Berbasis Wayang: Konsep dan Aplikasi. CV. Pilar Nusantara.
Jatmika, H. M. (2005). Pemanfaatan media visual dalam menunjang pembelajaran pendidikan jasmani di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 3(1).
Jihad, A. (2013). Menjadi guru profesional: Strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global. Penerbit Erlangga.
Karsidi, D. (2005). Sosiologi Pendidikan.
Lutfiyatun, E. (2015). Pengembangan Media Game Edukasi Berbasis Adobe Flash Cs5 Pada Keterampilan Menulis Bahasa Arab Untuk Siswa Kelas Viii MTS. Universitas Negeri Semarang.
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2018). Pendekatan scientific dalam pembelajaran di sekolah dasar: teori dan praktik. Deepublish.
Miaz, Y. (2017). Inovasi Media Pembelajaran IPS SD Berbasis IT Dalam Mendukung Gerakan Literasi.
Mustaqim, I. (2017). Pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1(1).
Natasha, D. R. (2016). Peran Pendidikan Panti Asuhan Dalam Mengembangkan Kemandirian Anak (Studi Kasus: Panti Asuhan Aisyiyah Semarang). Universitas Negeri Semarang.
Nugrahani, R. (2007). Media pembelajaran berbasis visual berbentuk permainan ular tangga untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar di sekolah dasar. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(1).
Prawiradilaga, D. S. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. Kencana.
Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan karakter sebagai upaya menciptakan akhlak mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 16(3), 229–238.
Rezeki, S. (2018). Pemanfaatan adobe flash cs6 berbasis problem based learning pada materi fungsi komposisi dan fungsi invers. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 856–864.
Rohani, R. (2019). Media pembelajaran.
Roqib, M. (2009). Ilmu Pendidikan Islam; Pengembangan Pendidikan Integratif di Sekolah, Keluarga dan Masyarakat. LKIS Pelangi Aksara.
Septian, D., Cari, C., & Sarwanto, S. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Learning Cycle pada Materi Alat Optik Menggunakan Flash dalam Pembelajaran IPA SMP Kelas VIII. Inkuiri: Jurnal Pendidikan IPA, 6(1), 45–60.
Setiani, R. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Mengapresiasi Teks Cerita Pendek Berbasis Adobe Flash CS5 Untuk Kelas XI SMA. Skripsi Tidak Terpublikasi. Universitas Negeri Yogyakarta.
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.
Zakiy, M. A., Syazali, M., & Farida, F. (2018). Pengembangan Media Android dalam Pembelajaran Matematika. Triple S (Journals of Mathematics Education), 1(2), 87–96.
ZULKARNAIN, F. (2019). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MAGIC DISC TAJWID PADA PELAJARAN QUR’AN HADIST MATERI NUN MATI (SUKUN) ATAU TANWIN MTS NEGERI 1 LAMPUNG TENGAH. UIN Raden Intan Lampung.