Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Produksi Obat Ikan di UD. Indo Multi Fish Tulungagung

Authors

  • Nalsa Cintya Resti Tadris Matematika, IAIN Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1426

Keywords:

Inferensi, Fuzzy Tsukamoto, Produksi, Obat Ikan

Abstract

Kabupaten Tulungagung mempunyai potensi sumber daya perikanan yang sangat tinggi. Pada dasarnya memelihara ikan membutuhkan perhatian sangat besar, karena jika ikan terserang penyakit maka petani ikan berpeluang untuk rugi besar. Karena petani ikan menginginkan keuntungan yang besar, maka ketika ikan terindikasi suatu penyakit maka ikan harus segera diobati. Toko UD. Indo Multi Fish (IMF) menjual dan memproduksi berbagai jenis obat ikan yaitu Shanfish, MB (Methlene Blue), PK. Dalam menentukan jumlah produk ikan yang akan diproduksi, manager toko hanya melakukan perkiraan saja sehingga terkadang keuntungan yang didapatkan tidak maksimal. Penelitian ini membahas tentang bagaimana memperkirakan jumlah obat yang harus diproduksi oleh toko IMF agar sesuai antara persediaan dan permintaan. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode fuzzy Tsukamoto. Sebagai hasil output diinferensikan dari tiap-tiap aturan diberikan dengan berdasarkan predikat. Output yang dihasilkan adalah jumlah produksi obat ikan yang akan diproduksi.

References

Dinas Perikanan Kab. Tulungagung. (2019, Juli 4). Retrieved from http://dkp.tulungagung.go.id/index.php/potensi

Kusumadewi, S., & Purnomo, H. (n.d.). Aplikasi Logika Fuzzy untuk Pendukung Keputusan. Graha Ilmu.

Maryaningsih, Siswanto, & Mesterjon. (2013). Metode Logika Fuzzy Tsukamoto dalam Sistem Pengambilan Keputusan Penerimaan Beasiswa. Jurnal Media Infotama Vol. 9 No. 1, 140-165.

Mulyanto, A., & Haris, A. (2016). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Jam Overtime pada Produksi Barang di PT Asahi Best Base (ABBI) Bekasi. Jurnal Informatika SIMANTIK Vol. 1, No. 1, 1.

(2019). Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 1/Permen-KP/2019. Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Republik

Indonesia .

Sofyan, D. K., Sayuti, & Julianda. (n.d.). Metode Fuzzy Inference System Tsukamoto; Perhitungan Optimasi Jumlah Produksi. Yogyakarta: Teknosain.

Downloads

Published

28-06-2019

How to Cite

Resti, N. C. . (2019). Penerapan Metode Fuzzy Tsukamoto untuk Menentukan Jumlah Produksi Obat Ikan di UD. Indo Multi Fish Tulungagung. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 106–113. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1426

Issue

Section

Articles