PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAPEL IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA

Authors

  • Apriliyani Diah Kartikasari Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074

Keywords:

contextual teaching and learning, CTL, hasil belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa SD. Desain penelitian yang digunakan adalah quasi experimental, dengan subyek penelitian kelas eksperimen V-A dan kelas kontrol V-B. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Ngampelsari Sidoarjo. Perlakuan kelas eksperimen dengan menerapkan model pembelajaran contextual teaching and learning, sedangkan kelas kontrol dengan pembelajaran direct instruction (pembelajaran langsung). Variabel penelitian yang diteliti adalah varabel bebas yaitu penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning dan variabel terikat yaitu hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri Ngampelsari Sidoarjo. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelas eksperimen setelah diberi perlakuan. Hasil analisis data dari kelas eksperimen dalam proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe contextual teaching and learning diperoleh kriteria baik sekali. Untuk hasil analisis data tes dengan menggunakan uji t nilai pretest diperoleh hasil Ftabel > Fhitung, atau 1,671 > 0,295 dan untuk nilai posttest diperoleh Fhitung > Ftabel, atau 6,880 > 1,670, hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa yang signifikan setelah diberikan perlakuan.

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wenger, E. (2002). Cultivating Communities of Practice. Harvard:Business School Press.

Wulandari, R. W., & Mundilarto, M. (2016). Kompetensi pedagogik dan profesional guru fisika dalam melaksanakan pendekatan saintifik di sman sleman. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 92-104.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Kartikasari, A. D. . (2020). PENGARUH MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MAPEL IPA MATERI PERUBAHAN WUJUD BENDA. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57–66. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.2074