MEMBANDINGKAN ANTARA MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Authors

  • Destia Nurahmawati Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Afridha Sesrita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Novi Maryani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.1968

Keywords:

matematika, Number Head Together, Teams Games Tournament

Abstract

Matematika merupakan ide-ide abstrak yang berisi simbol-simbol, maka konsep-konsep matematika harus dipahami terlebih dahulu sebelum memanipulasi simbol-simbol itu. Penelitian ini bermaksud untuk membandingkan dampak dari belajar matematika siswa SD yang diajar dengan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Number Head Together (NHT) dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe Teams Games Tournament (TGT) di kelas III. Cara yang dipakai dalam kajian ini adalah eksperimen semu (quasi experimental design). Dan populasi yang terdapat pada pengkajian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan jumlah populasi sebanyak 56 siswa, terdiri dari dua kelas yaitu kelas A sebanyak 29 dan kelas B sebanyak 27 siswa. Kemudian sampel yang diambil adalah siswa kelas III yang berjumlah 56 siswa. Dilakukan analisis deskripsi terhadap hasil belajar siswa. Hasil pengkajian yang dilaksanakan dengan pengujian tes U Mann Whitney, terdapat angka signifikansi sebesar 0.000, artinya nilai signifikansi < 0,05 atau (0,000 < 0,05), dapat dinyatakan bahwa Htidak diterima dan H1 diterima maka terdapat perbedaan hasil belajar matematika yang signifikan dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Learning tipe NHT dan model pembelajaran Cooperative Learning tipe TGT pada kasus ini.

References

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT. Rema Rosda Karya.

Priatna, Lathifah, Z. K., & Makarim, H. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran cooperative learning think pair and share pada mata pelajaran matematika. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(2), 153.

Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Rosidalia. (2017). Perbandingan model pembelajaran jigsaw dan model pembelajaran number head together terhadap hasil belajar matematika siswa kelas vii mts n 1 kota makassar. Makassar: UIN Alauddin Makasar.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supriatna, I., Yuliawati, N. D., & Firmansyah, W. (2017). Bimbingan belajar terhadap hasil belajar matematika. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(1), 12.

Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2020-04-30

How to Cite

Nurahmawati, D. ., Sesrita, A. ., & Maryani, N. . (2020). MEMBANDINGKAN ANTARA MODEL NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA HASIL BELAJAR MATEMATIKA. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 17–30. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.1968