ANALISIS BUKU AJAR IPA UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN LITERASI SAINS GURU

Authors

  • Afridha Sesrita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489

Keywords:

literasi sains, pemahaman guru, buku ajar

Abstract

Buku ajar IPA yang digunakan saat pembelajaran dilakukan oleh guru bersama peserta didik seharusnya mampu mengkonstruksi konsep-konsep yang dipelajari, membiasakan berfikir kritis, adanya interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat serta mengajak peserta didik untuk melakukan berbagai eksperimen dan penyelidikan dengan metode ilmiah agar semua aspek literasi sains muncul. Namun buku ajar yang tersedia di perpustakan sekolah belum memuat aspek-aspek pada literasi sains tersebut. Tujuan pelaksanaan sebuah penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana literasi sains yang terdapat pada buku ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dipahami oleh guru. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah buku ajar yang paling banyak digunakan oleh guru-guru IPA SDN se-Kecamatan Ciawi Bogor. Hasil penelitian memperlihatkan aspek-aspek pada literasi sains yang paling banyak muncul pada buku ajar yang dianalisis adalah aspek pengetahuan sains. Ini dapat disimpulkan bahwa penganalisisan buku ajar IPA lebih dominan menekankan tentang pengetahuan  sains,  dimana dalam hal ini lebih banyak menyajikan teori, konsep dan prinsip, menjabarkan fakta, hukum, model, dan pertanyaan-pertanyaan  yang pada akhirnya berharap siswa untuk selalu mengingat pengetahuan serta informasi.

References

Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Setha, G. (1991). Quantitative analisys of high school chemistry textbook for scientific literacy thees and expository learning aids. Journal of Research in Science Teaching, 10(28), 939-951.

Depdiknas. (2003). Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Retrieved from http://dikdaski.go.id

Harlen, W. (1993). The Teaching of Science. London: Paul Chapman Publishing Ltd.

Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel IPA Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57-66.

Leonard, W. H., & Penick, J. E. (1993). What's important in selecting a biology textbook? Journal of The American Biology Teacher, 3(58), 147-153.

Nur, M. (1995). Pemahaman tentang ipa dan keterampilan proses sains mahasiswa jurusan biologi, fisika, dan kimia fmipa ikip. Bandung: SPS IKIP.

OECD. (2009). PISA 2009 Result: Assesment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics, and Science. Retrieved from http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/44455820.pdf

OECD. (2013). PISA 2012 Result: What Students Know and can Do-Student Performance in Mathematics, Reading, and Science. Retrieved from PISA; OECD Publishing.

Sesrita, A. (2017). Improved understanding of concepts through ctl association think-pair-share technique. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Widyaningtyas, R. (2008). Pembentukan Pengetahuan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Yusuf, S. (2003). Literasi Siswa Indonesia Laporan PISA 2003. Retrieved from http://www.p4tkipa.org

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Sesrita, A. . (2020). ANALISIS BUKU AJAR IPA UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN LITERASI SAINS GURU. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 165–176. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489