ANALISIS BUKU AJAR IPA UNTUK MENGETAHUI PEMAHAMAN LITERASI SAINS GURU
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2489Keywords:
literasi sains, pemahaman guru, buku ajarAbstract
Buku ajar IPA yang digunakan saat pembelajaran dilakukan oleh guru bersama peserta didik seharusnya mampu mengkonstruksi konsep-konsep yang dipelajari, membiasakan berfikir kritis, adanya interaksi antara sains, teknologi dan masyarakat serta mengajak peserta didik untuk melakukan berbagai eksperimen dan penyelidikan dengan metode ilmiah agar semua aspek literasi sains muncul. Namun buku ajar yang tersedia di perpustakan sekolah belum memuat aspek-aspek pada literasi sains tersebut. Tujuan pelaksanaan sebuah penelitian ini dilakukan untuk melihat sejauh mana literasi sains yang terdapat pada buku ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran dipahami oleh guru. Pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah buku ajar yang paling banyak digunakan oleh guru-guru IPA SDN se-Kecamatan Ciawi Bogor. Hasil penelitian memperlihatkan aspek-aspek pada literasi sains yang paling banyak muncul pada buku ajar yang dianalisis adalah aspek pengetahuan sains. Ini dapat disimpulkan bahwa penganalisisan buku ajar IPA lebih dominan menekankan tentang pengetahuan sains, dimana dalam hal ini lebih banyak menyajikan teori, konsep dan prinsip, menjabarkan fakta, hukum, model, dan pertanyaan-pertanyaan yang pada akhirnya berharap siswa untuk selalu mengingat pengetahuan serta informasi.
Downloads
References
Chiappetta, E. L., Fillman, D. A., & Setha, G. (1991). Quantitative analisys of high school chemistry textbook for scientific literacy thees and expository learning aids. Journal of Research in Science Teaching, 10(28), 939-951.
Depdiknas. (2003). Standar Penilaian Buku Pelajaran Sains. Retrieved from http://dikdaski.go.id
Harlen, W. (1993). The Teaching of Science. London: Paul Chapman Publishing Ltd.
Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Mapel IPA Materi Perubahan Wujud Benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57-66.
Leonard, W. H., & Penick, J. E. (1993). What's important in selecting a biology textbook? Journal of The American Biology Teacher, 3(58), 147-153.
Nur, M. (1995). Pemahaman tentang ipa dan keterampilan proses sains mahasiswa jurusan biologi, fisika, dan kimia fmipa ikip. Bandung: SPS IKIP.
OECD. (2009). PISA 2009 Result: Assesment Framework Key Competencies in Reading, Mathematics, and Science. Retrieved from http://www.oecd.org/dataoecd/11/40/44455820.pdf
OECD. (2013). PISA 2012 Result: What Students Know and can Do-Student Performance in Mathematics, Reading, and Science. Retrieved from PISA; OECD Publishing.
Sesrita, A. (2017). Improved understanding of concepts through ctl association think-pair-share technique. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).
Widyaningtyas, R. (2008). Pembentukan Pengetahuan Sains, Teknologi, dan Masyarakat dalam Pandangan Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Yusuf, S. (2003). Literasi Siswa Indonesia Laporan PISA 2003. Retrieved from http://www.p4tkipa.org
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Afridha Sesrita
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.