PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS HOTS PADA SUBTEMA INDAHNYA KERAGAMAN BUDAYA NEGERIKU UNTUK KELAS IV MI
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3401Keywords:
HOTS, Modul, Pengembangan, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengembangkan serta mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis HOTS pada subtema Indahnya Keragaman Budaya Negeriku sebagai buku pendamping siswa kelas IV MI Al-Huda Kebonsari. Penelitian ini menggunakan penelitian penembangan R&D (Research and Development), dengan metode ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek yang digunakan pada penelitian ini yaitu siswa kelas IV MI Al-Huda yang berjumlah 14 siswa. Dari 14 siswa tersebut digunakan untuk uji coba terbatas (4 siswa) dan luas (10 siswa). Proses kelayakan modul ini diperoleh dari hasil analisis data kevalidan dan kepraktisan. Kevalidan diperoleh dari validasi ahli materi dan ahli media. Berdasarkan penilaian dari ahli media terhadap modul pembelajaran berbasis HOTS, diperoleh hasil rata-rata 3,37 atau > 2,50 sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat baik dan penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,00 atau 3,50 sehingga dikategorikan dalam kriteria sangat baik. Dari kedua hasil ahli media dan ahli materi dapat diperoleh rata-rata sebesar 3,68 atau > 3,50 atau dikategorikan sangat baik. Kepraktisan diperoleh dari angket respon siswa terhadap keterbacaan menggunakan modul pembelajaran berbasis HOTS. Kepraktisan dalam uji coba terbatas menghasilkan 3,53 atau > 2,50 sehingga masuk dalam kategori praktis dan kepraktisan uji coba luas, menghasilkan 3,68 atau > 3,50 masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data, dapat ditarik kesimpulan bahwa modul pembelajaran berbasis HOTS dinyatakan sangat layak dan sangat praktis.
Downloads
References
Acesta, A., Sumantri, M., & Fahrurrozi, F. (2020). Pengembangan modul ipa untuk meningkatkan higher order thinking skill (hots) siswa sekolah dasar. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta.
Anggis, E. V., & Wulandari, R. W. (2020). Pengembangan instrumen untuk mengembangkan kemampuan kerjasama mahasiswa. Gema Wiralodra, 11(1), 99–106. https://doi.org/10.31943/gemawiralodra.v11i1.103
Astuti, N. (2019). Analisis kesulitan siswa smp dalam menyelesaikan soal hots (higher order thinking skill). Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika Sesiomadika, 415–426.
Cecep, K., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Kurniati, A. (2016). Pengembangan modul matematika berbasis kontekstual terintegrasi ilmu keislaman. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 43–58.
Pratiwi, W., & Alimuddin, J. (2018). Pengembangan bahan ajar bermuatan high order thinking skill (hots) pada pembelajaran tema persatuan dalam perbedaan. Prosiding Seminar Nasional Unimus, 531–538.
Puspitasari, A. D. (2019). Penerapan media pembelajaran fisika menggunakan modul cetak dan modul elektronik pada siswa sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(1), 17–25.
Rahayu, R., & Laksono, E. W. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis problem based learning di smp. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 45(1). https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7184
Rohimah, S. I., Hayu, W. R. R., & Suherman, I. (2020). Hubungan Kegiatan Belajar Peserta Didik dengan Kreativitas Peserta Didik Sekolah Dasar. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 149–164. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2488
Wulandari, R. W., & Mundilarto, M. (2016). Kompetensi Pedagogik dan Profesional Guru Fisika dalam Melaksanakan Pendekatan Saintifik di SMAN Sleman. JPFK: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan, 2(2). https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i2.701
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Siti Latifah, Muflikhul Khaq, Suyoto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.