MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Ahmad Almafahir Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia
  • Ari Alpiansyah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3402

Keywords:

Pembinaan Akhlak, Peserta Didik, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Pembinaan akhlak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan manusia yang mempunyai kedudukan sebagai mahluk individu dan sekaligus juga makhluk sosial. Pembinaan akhlak merupakan inti dari pendidikan Islam. Manajemen yang dimaksud adalah bagaimana pembinaan akhlak itu direncanakan (planning), diorganisir (organizing), dilaksanakan (actuating), dan dinilai (evaluating). Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka yang berkaitan dengan masalah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang baik akan membentuk kepribadian peserta didik menjadi manusia paripurna, sebagai ‘abd Allah dan khalifah al-ard yang berakhlakul al-karimah, secara serasi dan seimbang dalam berbagai bidang kehidupan. Sehingga dapat digarisbawahi bahwa manajemen pembinaan akhlak yang diterapkan dalam pengembangan akhlak peserta didik yang diselenggarakan dengan niat mengajarkan nilai luhur untuk mewujudkan misi sosial madrasah melalui kegiatan manajemen.

References

Bafadhol, I. (2017). Sekolah di Indonesia. Edukasi Islam, 6(11). http://dx.doi.org/10.30868/ei.v6i11.95

Bagir, H. (2017). Islam Tuhan Islam Manusia. Jakarta: Almizan.

Barnard, C. (2012). EU Employment Law. Oxford: OUP Oxford.

Beishline, M., & Holmes, C. (1997). Student preferences for various teaching styles. Journal of Instructional Psychology, 24(2), 95.

Farid, M., Ruminiati, R., & Kuswandi, D. (2019). Pembelajaran ta’lim di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(3), 290–295.

Hamalik, O. (2020). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Jamal, S. (2017). Konsep akhlak menurut ibnu maskawaih. Tasfiyah, 1(1), 51–70. http://dx.doi.org/10.21111/tasfiyah.v1i1.1843

Maunah, B. (2015). Madrasah di indonesia: kejian deskripsi analitik model sekolah. Empirisma, 2(1), 264–274. https://doi.org/10.30762/empirisma.v24i2.23

Muhaimin, M. (2015). Manajemen Pendidikan (Aplikasi dalam Penyusunan Rencana Pengembangan Sekolah/Madrasah). Jakarta: Prenadamedia Group.

Muhasim, M. (2019). Manajemen akhlak peserta didik di era modernisasi teknologi informasi. Manazhim: Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 1(1), 1–25.

Nursanti, R. (2014). Manajemen peningkatan akhlak mulia di sekolah berbasis islam. Jurnal Kependidikan, 2(2), 47–65.

Retno, A. (2016). Pengembangan instrumen pengukuran nilai ulet peserta didik sma di sma negeri 1 buluspesantren. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.

Sholehuddin, S. (2010). Pendidikan Sebagai Basis Penguatan Kerukunan Masyarakat. Depok: Binamuda.

Supriyadi, G. (2011). Pengantar Teknik Evaluasi Pembelajaran.

Suryaman, S., & Karyono, H. (2018). Revitalisasi pendidikan karakter sejak usia dini di kelas rendah sekolah dasar. Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan, 27(1), 10–18.

Taniredja, E., Faridli, M., & Harmianto, S. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Fajar Interpratama Mandiri.

Terry, G., & Leslie, W. (2016). Dasar-Dasar Manajemen (Diterjemahkan oleh G. A. Ticoalu). Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyani, N. (2017). Perencanaan strategik pembentukan karakter anak usia dini di tk islam al-irsyad purwokerto. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 105–118.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Almafahir, A. ., & Alpiansyah, A. . (2021). MANAJEMEN PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 175–188. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3402