HAMBATAN YANG DIALAMI SISWA KELAS V SDIT NURUL HUDA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • An Nur Laila Al Atieq Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.3872

Keywords:

pembelajaran daring, hambatan, pandemic covid-19

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hambatan yang dialami siswa dalam pembelajaran daring matematika pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif  kualitatif  dengan instrumen pengumpulan data menggunakan angket yang diberikan kepada siswa kelas V SDIT Nurul dengan jumlah 24 siswa. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan yang dialami peserta didik diantaranya kesulitan dalam memahami materi, terbatasnya kuota internet, jaringan internet tidak stabil, fasilitas di rumah tidak terpenuhi, dan banyaknya gangguan di rumah. Pendapat peserta didik saat pembelajaran daring matematika yaitu sebanyak 15 peserta didik memilih bahwa pembelajaran daring matematika menyenangkan, 7 peserta didik memilih membosankan, 18 peserta didik memilih menyulitkan, 2 peserta didik memilih membebani, dan 3 peserta diddik memilih tidak efektif. Adapun perasaan peserta didik saat pembelajaran daring berdasarkan hasil observasi, dapat disimpulkan bahwa dari 2 pilihan peserta didik yang berjumlah 24 siswa. 7 peserta didik memilih bahwa mereka sangat tidak terbebani dalam pembelajaran online, 20 peserta didik merasa terbebani, 8 peserta didik merasa tidak terbebani, dan 5 peserta didik netral atau tidak menjawab.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Hakim, Muhammad Fadhil. “Peran Guru Dan Orang Tua: Tantangan Dan Solusi Dalam Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic COVID-19.” Riwayat 1, no. 1 (2021): 24-27.

Amalia, Andina, and Nurus Sa’adah. (2021).Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Di Indonesia. Jurnal Psikologi 13, no. 2: 214–217.

Bilfaqih, Yusuf, and M Nur Qomarudin. (2015). Esensi Penyusunan Materi Pembelajaran Daring. Deepublish.

Deliana, Tiapul.(2019) Penerapan Model Discovery Learning Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii A Smp Negeri 2 Rengat Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. E-Jurnal Mitra Pendidikan 3, no. 10 (2019): 1335–1336.

Gusty, Sri, Nurmiati Nurmiati, Muliana Muliana, Oris Krianto Sulaiman, Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra, Melda Agnes Manuhutu, Andriasan Sudarso, Natasya Virginia Leuwol, Apriza Apriza, and Andi Arfan Sahabuddin.(2020). Belajar Mandiri: Pembelajaran Daring Di Tengah Pandemi Covid-19. Yayasan Kita Menulis

Handarini, Oktafia Ika, and Siti Sri Wulandari.(2020).Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study from Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) 8, no. 3

Kusumaningrum, Betty, and Zainnur Wijayanto.(2020). Apakah Pembelajaran Matematika Secara Daring Efektif?(Studi Kasus Pada Pembelajaran Selama Masa Pandemi Covid-19).” Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif 11, no. 2

LILY, SYLVIA.(2016). Analisis Tingkat Kesulitan Belajar Matematika Secara Daring Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik.CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan 1, no. 3

Nabila, Noor Anisa.(202). Pembelajaran Daring Di Era Covid-19

Novitasari, Dian.(2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa.

FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika 2, no. 2

(PDF).2021).Pembelajaran Matematika Sd/Mi | Endang Sulistyowati - Academia.Edu.” Accessed October 27, 2021. https://www.academia.edu/37303927/PEMBELAJARAN_MATEMATIKA_SD_MI.

Rahmawati, Novi Rosita, Fatimatul Eva Rosida, and Farid Imam

Kholidin. (2020).Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi Di Madrasah Ibtidaiyah. SITTAH: Journal of Primary Education 1, no. 2

Rakhmah, Baeti, Mujiyem Sapti, and Rintis Rizkia Pangestika.(2021). Deskripsi Kendala Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Pada Mata Pelajaran Matematika Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu 5, no. 5

Siagian, Muhammad Daut.(2016) Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science 2, no. 1

Sudarti, Tri.(2020). Pembelajaran Jarak Jauh Solusi Di Masa Pandemi. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 5, no. 1 (2020): 120–121.

Sujana, I Wayan Cong.(2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 4, no. 1

Susilo, Adityo, Cleopas Martin Rumende, Ceva Wicaksono Pitoyo,

Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Herikurniawan Herikurniawan,

Robert Sinto, Gurmeet Singh, Leonard Nainggolan, and Erni Juwita Nelwan.(2020).Coronavirus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7, no. 1

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Atieq, A. N. L. A. . (2020). HAMBATAN YANG DIALAMI SISWA KELAS V SDIT NURUL HUDA DALAM PEMBELAJARAN DARING MATEMATIKA PADA MASA PANDEMI COVID-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 205–214. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.3872