IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS IMTERA DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3397Keywords:
Imtera, E-Learning, Media Pembelajaran, Madrasah IbtidaiyahAbstract
Hal yang mendasari studi ini adalah kondisi saat ini yang masih berjuang dengan kondisi pandemi virus corona/covid-19, dimana situasi ini mengharuskan semua elemen masyarakat baik pekerja maupun pelajar untuk berkegiatan atau belajar dari rumah. Untuk mengatasi hal tersebut maka diterapkan e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh bagi siswa. Dalam hal ini e-learning yang digunakan adalah e-learning berbasis IMTERA. IMTERA merupakan suatu sistem pembelajaran digital yang dibuat untuk sekolah berbasiskan website, namun semua itu dapat dibuka juga melalui tablet atau smartphone dimana nanti akan ada akun guru dan akun siswa untuk proses pembelajaran. Dengan menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif, tulisan ini menguraikan bahwa faktor pendukung implementasi e-learning IMTERA yaitu motivasi dalam penggunaan e-learning IMTERA baik dari sekolah dan FKMIS selama masa pandemi. Hal ini juga didukung dengan adanya sarana yang disediakan sekolah sudah cukup untuk para guru. Adapun faktor penghambat diantaranya adalah terbatasnya sumber daya manusia dalam mengimplementasikan media IMTERA sebagai pembelajaran e-learning di sekolah, sinyal dan kuota yang terbatas, dan materi bahan ajar yang terbatas dalam media e-learning IMTERA.
Downloads
References
Andayani, D., Fathahilla, F., & Abdal, N. M. (2020). Penerapan e-learning sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/15869
Dessta, P. W. (2015). Implementasi e-learning di smp negeri 10 yogyakarta.
Fadilla, K. (2021). Penerapan e-learning di sekolah dasar. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5500
Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(2).
Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan e-learning di era revolusi industri 4.0 untuk menekan penyebaran covid-19: (the application of e-learning in the era of the industrial revolution 4.0 to suppress teh spread of covid-19). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus.
Rahmawati, N. R. (2020). Analisis pembelajaran daring saat pandemi di madrasah ibtidaiyah. SIITAH: Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19 (online learning in the middle of the covid-19 pandemic). BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sari, I. P. (2017). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning menggunakan claroline. Research and Development Journal of Education, 4(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2070
Untari, S. K. (2020). Kreatifitas Guru dalam menyongsong pembelajaran masa pandemi covid-19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s). https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2757
Yuliana, E., & Bahri, S. (2020). Strategi belajar dengan memanfaatkan e-learning pada masa pandemi di sdn 2 kembang kerang aikmel. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.361
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 M. Yogi Zunanni, Rifqiawati Zahara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.