IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS IMTERA DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • M. Yogi Zunanni Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, Indonesia
  • Rifqiawati Zahara Institut Agama Islam Tribakti (IAIT) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3397

Keywords:

Imtera, E-Learning, Media Pembelajaran, Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Hal yang mendasari studi ini adalah kondisi saat ini yang masih berjuang dengan kondisi pandemi virus corona/covid-19, dimana situasi ini mengharuskan semua elemen masyarakat baik pekerja maupun pelajar untuk berkegiatan atau belajar dari rumah. Untuk mengatasi hal tersebut maka diterapkan e-learning sebagai media pembelajaran jarak jauh bagi siswa. Dalam hal ini e-learning yang digunakan adalah e-learning berbasis IMTERA. IMTERA merupakan suatu sistem pembelajaran digital yang dibuat untuk sekolah berbasiskan website, namun semua itu dapat dibuka juga melalui tablet atau smartphone dimana nanti akan ada akun guru dan akun siswa untuk proses pembelajaran. Dengan menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif, tulisan ini menguraikan bahwa faktor pendukung implementasi e-learning IMTERA yaitu motivasi dalam penggunaan e-learning IMTERA baik dari sekolah dan FKMIS selama masa pandemi. Hal ini juga didukung dengan adanya sarana yang disediakan sekolah sudah cukup untuk para guru. Adapun faktor penghambat diantaranya adalah terbatasnya sumber daya manusia dalam mengimplementasikan media IMTERA sebagai pembelajaran e-learning di sekolah, sinyal dan kuota yang terbatas, dan materi bahan ajar yang terbatas dalam media e-learning IMTERA.

References

Andayani, D., Fathahilla, F., & Abdal, N. M. (2020). Penerapan e-learning sebagai alternatif pembelajaran di masa pandemi covid-19. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat. http://103.76.50.195/semnaslpm/article/view/15869

Dessta, P. W. (2015). Implementasi e-learning di smp negeri 10 yogyakarta.

Fadilla, K. (2021). Penerapan e-learning di sekolah dasar. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/5500

Hamid, M. A., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., Jamaludin, J., & Simarmata, J. (2020). Media Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Hariani, P. P., & Wastuti, S. N. Y. (2020). Pemanfaatan e-learning pada pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(2).

Indrayana, B., & Sadikin, A. (2020). Penerapan e-learning di era revolusi industri 4.0 untuk menekan penyebaran covid-19: (the application of e-learning in the era of the industrial revolution 4.0 to suppress teh spread of covid-19). Indonesian Journal of Sport Science and Coaching, 2(1), 46–55. https://doi.org/10.22437/ijssc.v2i1.9847

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Mendikbud No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus.

Rahmawati, N. R. (2020). Analisis pembelajaran daring saat pandemi di madrasah ibtidaiyah. SIITAH: Journal of Primary Education, 1(2). https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran daring di tengah wabah covid-19 (online learning in the middle of the covid-19 pandemic). BIODIK, 6(2). https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sari, I. P. (2017). Implementasi pembelajaran berbasis e-learning menggunakan claroline. Research and Development Journal of Education, 4(1). https://doi.org/10.30998/rdje.v4i1.2070

Untari, S. K. (2020). Kreatifitas Guru dalam menyongsong pembelajaran masa pandemi covid-19. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16(30s). https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30s.a2757

Yuliana, E., & Bahri, S. (2020). Strategi belajar dengan memanfaatkan e-learning pada masa pandemi di sdn 2 kembang kerang aikmel. BADA’A: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(2). https://doi.org/10.37216/badaa.v2i2.361

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Zunanni, M. Y. ., & Zahara, R. . (2021). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS IMTERA DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 107–120. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3397