PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FENOMENA DAN TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2547Keywords:
Persepsi Mahasiswa , Pembelajaran Bahasa Arab , Madrasah IbtidaiyahAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) tentang fenomena-fenomena dan tantangan-tantangan yang ada
dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar Islam.
Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, persepsi-persepsi mahasiswa yang dibahas
antara lain persepsi mahasiswa PGMI terkait kebijakan pembelajaran Bahasa Arab di tingkat
Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar Islam (SDI), persepsi mahasiswa PGMI terkait
siswa/ pembelajar Bahasa Arab di tingkat MI/SDI, persepsi mahasiswa PGMI terkait sumber
belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab di tingkat MI/SDI, persepsi mahasiswa PGMI
terkait kesiapan mereka dalam mengajar Bahasa Arab di tingkat MI/SDI, serta persepsi
mahasiswa terkait hal-hal lain. Mengingat Mahasiswa PGMI adalah calon guru yang akan
mengajar seluruh materi pelajaran termasuk Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah, mengetahui
persepsi mereka sangat penting bagi perguruan tinggi yang memiliki jurusan atau program studi
PGMI dalam mempersiapkan mahasiswa sebelum memasuki dunia profesional, serta sekolahsekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dalam menyambut generasi pengajar baru.
Downloads
References
Abduh, M. A., Mustaufir, & Indah, R. N. (2018). Arabic Language Production: Challenge for Indonesian Adult and Children Learners. The 1st International Conference on Recent Innovations (ICRI 2018) (pp. 767-772). SCITEPRESS-Science and Technology Publications. doi: 10.5220/0009916607670772
Albantani, A. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaraban, (2), 178-191. doi: 10.15408/a.v2i2.2127
Albantani, A. M., & Madkur, A. (2019). Teaching Arabic in the Era of Industrial Revolution 4.0 in Indonesia: Challenges and Opportunities. ASEAN Journal of Community Engagement, Vol. 3, No. 2, 196-213. doi: 10.7454/ajce.v3i2.1063
Al-Huri, I. (2015). Arabic Language: Historic and Sociolinguistic Characteristics. English Literature and Language Review, 28-36. doi: 10.13140/RG.2.2.16163.66089/1
Febriani, S. R., & Anasruddin. (2020). Technology for Four Skills Arabic in the Era Emergency of Covid-19 in Indonesia. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 4 (1), 1-11. doi: 10.15575/jpba.v4i1.8221
Hashim, C. N., & Langgulung, H. (2008). Islamic Religious Curriculum in Muslim Countries: The. Bulletin of Education & Research Vol. 30, 1-19.
Hikmawati, S. A. (2019). Pendekatan Model-Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab pada Madrasah/Sekolah di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, 203-218.
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, Vol. 5, 73-88.
Syar'i, A., Akrim, A., & Hamdanah. (2020). The Development of Madrasa Education in Indonesia. Revista Argentina de Clínica Psicológica Vol. XXIX, 513-523. doi:10.24205/03276716.2020.858
Tohe, A. (2018). Arabic Language at The Crossroad: A Case Study in Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI, 977-988.
Vickers, A. (2013). A History of Modern Indonesia. New York: Cambridge University Press.
Wekke, I. S. (2017). Pengembangan Pembelajaran Keagamaan dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Minoritas Muslim. Tadrib, Vol. 3, No.2, 187-196.
Zulaini, N. N., Mufidah, N., Kholis, N., & Amrulloh, M. A. (2020). Learning Arabic for Elementary Schools during the Covid-19 Outbreak. Al-Mudarris: Journal of Education, Vol.3 No. 1, 39-55. doi: 10.32478/al-mudarris.v%vi%i.384
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Maziyyatul Muslimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.