PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FENOMENA DAN TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Maziyyatul Muslimah Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2547

Keywords:

Persepsi Mahasiswa , Pembelajaran Bahasa Arab , Madrasah Ibtidaiyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji persepsi Mahasiswa Pendidikan Guru
Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) tentang fenomena-fenomena dan tantangan-tantangan yang ada
dalam pembelajaran Bahasa Arab di tingkat Madrasah Ibtidaiyah atau Sekolah Dasar Islam.
Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, persepsi-persepsi mahasiswa yang dibahas
antara lain persepsi mahasiswa PGMI terkait kebijakan pembelajaran Bahasa Arab di tingkat
Madrasah Ibtidaiyah (MI) atau Sekolah Dasar Islam (SDI), persepsi mahasiswa PGMI terkait
siswa/ pembelajar Bahasa Arab di tingkat MI/SDI, persepsi mahasiswa PGMI terkait sumber
belajar dan media pembelajaran Bahasa Arab di tingkat MI/SDI, persepsi mahasiswa PGMI
terkait kesiapan mereka dalam mengajar Bahasa Arab di tingkat MI/SDI, serta persepsi
mahasiswa terkait hal-hal lain. Mengingat Mahasiswa PGMI adalah calon guru yang akan
mengajar seluruh materi pelajaran termasuk Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah, mengetahui
persepsi mereka sangat penting bagi perguruan tinggi yang memiliki jurusan atau program studi
PGMI dalam mempersiapkan mahasiswa sebelum memasuki dunia profesional, serta sekolahsekolah dasar dan Madrasah Ibtidaiyah dalam menyambut generasi pengajar baru.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abduh, M. A., Mustaufir, & Indah, R. N. (2018). Arabic Language Production: Challenge for Indonesian Adult and Children Learners. The 1st International Conference on Recent Innovations (ICRI 2018) (pp. 767-772). SCITEPRESS-Science and Technology Publications. doi: 10.5220/0009916607670772

Albantani, A. M. (2015). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaraban, (2), 178-191. doi: 10.15408/a.v2i2.2127

Albantani, A. M., & Madkur, A. (2019). Teaching Arabic in the Era of Industrial Revolution 4.0 in Indonesia: Challenges and Opportunities. ASEAN Journal of Community Engagement, Vol. 3, No. 2, 196-213. doi: 10.7454/ajce.v3i2.1063

Al-Huri, I. (2015). Arabic Language: Historic and Sociolinguistic Characteristics. English Literature and Language Review, 28-36. doi: 10.13140/RG.2.2.16163.66089/1

Febriani, S. R., & Anasruddin. (2020). Technology for Four Skills Arabic in the Era Emergency of Covid-19 in Indonesia. Ta'lim al-'Arabiyyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab & Kebahasaaraban 4 (1), 1-11. doi: 10.15575/jpba.v4i1.8221

Hashim, C. N., & Langgulung, H. (2008). Islamic Religious Curriculum in Muslim Countries: The. Bulletin of Education & Research Vol. 30, 1-19.

Hikmawati, S. A. (2019). Pendekatan Model-Model Pengembangan Kurikulum Bahasa Arab pada Madrasah/Sekolah di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, 203-218.

Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. INSANCITA: Journal of Islamic Studies in Indonesia and Southeast Asia, Vol. 5, 73-88.

Syar'i, A., Akrim, A., & Hamdanah. (2020). The Development of Madrasa Education in Indonesia. Revista Argentina de Clínica Psicológica Vol. XXIX, 513-523. doi:10.24205/03276716.2020.858

Tohe, A. (2018). Arabic Language at The Crossroad: A Case Study in Indonesia. Prosiding Pertemuan Ilmiah Internasional Bahasa Arab (PINBA) XI, 977-988.

Vickers, A. (2013). A History of Modern Indonesia. New York: Cambridge University Press.

Wekke, I. S. (2017). Pengembangan Pembelajaran Keagamaan dan Bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah Minoritas Muslim. Tadrib, Vol. 3, No.2, 187-196.

Zulaini, N. N., Mufidah, N., Kholis, N., & Amrulloh, M. A. (2020). Learning Arabic for Elementary Schools during the Covid-19 Outbreak. Al-Mudarris: Journal of Education, Vol.3 No. 1, 39-55. doi: 10.32478/al-mudarris.v%vi%i.384

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Muslimah, M. . (2021). PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP FENOMENA DAN TANTANGAN DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 1–18. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2547