ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Novi Rosita Rahmawati Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Fatimatul Eva Rosida Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Farid Imam Kholidin Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Kerinci, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487

Keywords:

pembelajaran daring, faktor pendukung, faktor penghambat

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis bagaimana proses pembelajaran selama pandemi COVID-19 yang dilakukan dalam jaringan (daring), dan juga mengulas faktor-faktor dalam prosesnya. MI (Madrasah Ibtidaiyah) Miftahul Huda Ngreco Kandat Kediri merupakan tempat diadakannya penelitian ini selama bulan agustus 2020. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan desain fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket serta wawancara. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah beberapa guru di MI Miftahul Huda Ngreco. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran di MI Miftahul Ngreco menggunakan aplikasi whatsapp group dan google doc. Pembelajaran luring juga diterapkan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Adapun faktor pendukung pembelajaran daring di MI Miftahul Ngreco adalah gawai, laptop, kuota internet, dan buku mata pelajaran. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran daring antara lain guru tidak bisa menjelaskan secara maksimal, minat dan motivasi peserta didik,  serta faktor ekonomi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alaby, M. A. (2020). Media sosial whatsapp sebagai media pembelajaran jarak jauh mata kuliah ilmu sosial budaya dasar (ISBD). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2), 273-289.

Alawiyah. (2013). Peran guru dalam kurikulum. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 4(1).

Anggraeni, D. T., & Wulandari, R. W. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 1-16.

Astini, N. K. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. LAMPUHYANG, 11(2), 13-25.

Aswani, T. (2020, April 23). Hindari Lansia dari Covid 19. Retrieved from www.padk.kemkes.go.id: http://www.padk.kemkes.go.id/article/read/2020/04/23/21/hindari-lansia-dari-covid-19.html

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7. doi:https://doi.org/10.22373/JM.V7I1.1913

Daheri, M., Juliana, J., Deriwanto, D., & Amda, A. D. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal Basicedu, 4(4). doi:https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.445

Dewi, W. F. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hadisi, L., & Muna, W. (2015). Pengelolaan teknologi informasi dalam menciptakan model inovasi pembelajaran (e-learning). Al-Ta'dib, 8(1), 117-140. doi:https://doi.org/10.31332/ATDB.V8I1.396

Handarini, O. I. (2020). Pembelajaran daring sebagai upaya study from home (sfh) selama pandemi covid-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8.

Jamil, S. H., & Aprilisanda, D. I. (2020). Pengaruh pembelajaran daring terhadap minat belajar mahasiswa pada masa pandemik covid-19. BAJ (Behavioral Accounting Journal), 3(1), 37-46.

Kurnianto, R. (2015). Mewujudkan pembelajaran efektif dan menyenangkan melalui orkestrasi modalitas dan figur guru. Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan (pp. 623-630). Seminar Umpo.

Lodico, M. G., Spaulding, D. T., & Voegtle, K. H. (2010). Methods in Educational Research From Theory to Practice (Second Edition). San Fransisco: Jossey-bass.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19), Pub. L. No. Surat Edaran Nomor 4. Jakarta. Retrieved from https://jdih.kemdikbud.go.id/arsip/SE Menteri Nomor 4 Tahun 2020 cap.pdf

Nurahmawati, D. (2020). Membandingkan antara model number head together (nht) dan teams games tornamen (tgt) pada hasil belajar matematika. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 17-30.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., Putri, S. R., & Santoso, P. B. (2020). Studi eksploratif dampak pandemi covid-19 terhadap proses pembelajaran online di sekolah dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, PSycology, and Counseling, 2(1), 1-12.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4).

Ramanta, D., & Widayanti, F. D. (2020). Pembelajaran daring di sekolah kejuruan putra indonesia malang pada masa pandemi covid-19. Seminar imbingan dan Konseling (pp. 61-67). Malang: Seminar Bimbingan dan Konseling.

Riyana, C. (2019). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. (Universitas Terbuka) Retrieved from www.pustaka.ut.ac.id: http://www.pustaka.ut.ac.id/lib/wp-content/uploads/pdfmk/TPEN4401-KDT.pdf

Sari, P. (2015). Memotivasi belajar dengan menggunakan e-learning. Jurnal Ummul Qura, 2(1), 20-35.

Setiawan, A. R. (2020). Kelebihan pembelajaran daring siswa sd. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 28-37.

Sitepu, B. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Konsep Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Tim Satgas COVID-19 JATIM. (2020). Jatim Tnggap Covid-19. Retrieved Sptember 20, 2020, from infocovid19.jatimprov.go.id: http://infocovid19.jatimprov.go.id/

Yuangga, D. K., & Sunarsi, D. (2020). Pengembangan media dan strategi pembelajaran untuk mengatasi permasalahan pembelajaran jarak jauh di pandemi covid-19. JGK (Jurnal Guru Kita), 4(3), 51-58.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Rahmawati, N. R. ., Rosida, F. E. ., & Kholidin, F. I. . (2020). ANALISIS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI DI MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2487