IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SISWA TUNAGRAHITA KELAS INKLUSI

Authors

  • Ana Mardiana Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia
  • Imron Muzakki Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Salma Sunaiyah Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Fartika Ifriqia Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2491

Keywords:

program pembelajaran individual siswa, tunagrahita, kelas inklusi, anak berkenutuhan khusus

Abstract

Penelitian ini berlokasi di SDN Betet 1 Kota Kediri tepatnya berada di Jln. Lapangan 07 Kel. Betet Kec. Pesantren. Peneliti menentukan SDN Betet 1 Kota Kediri sebagai tempat penelitian ini, karena SDN Betet 1 merupakan salah satu sekolah yang memiliki siswa ABK dengan jumlah murid paling banyak se-Jawa Timur dan sekolah ini baru saja mendapatkan kunjungan dari Komisi-2 DPR RI sehingga menarik untuk diteliti program pembelajaran individual yang diterapkan di sekolah tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti mencoba mengungkap tentang penerapan Program Pembelajaran Individual (PPI) untuk siswa Tunagrahita kelas inklusi SDN Betet 1 Kota Kediri, sehingga peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis yang digunakan adalah studi kasus. Implementasi program pembelajaran individual siswa tunagrahita di SDN Betet 1 Kota Kediri memiliki 3 tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi.

References

Apriyanto, N. (2012). Seluk Beluk Tunagrahita dan Strategi Penanganannya. Yogyakarta: Javalitera.

Bagaskorowati, R. (2010). Anak Beresiko Identifikasi, Asessmen, dan Intervensi Dini. Bogor: Ghalia Indonesia.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif Teori dan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.

Kosasih, E. (2012). Cara Bijak Memahami Anak Berkebutuhan Khusus. Bandung: Yrama Widya.

Moleong, L. J. (2000). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Muhajirin, N. (1991). Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ni'matuzahroh, & Nurhamida, Y. (2016). Individu Berkebutuhan Khusus dan Pendidikan Inklusif. Malang: UMM Press.

Purwanto, M. N. (2000). Ilmu Pendidikan dan Praktis. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Smart, A. (2010). Anak Cacat Bukan Kiamat Metode Pembelajaran dan Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Katahati.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Mardiana, A. ., Muzakki, I. ., Sunaiyah, S. ., & Ifriqia, F. . (2020). IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBELAJARAN INDIVIDUAL SISWA TUNAGRAHITA KELAS INKLUSI. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 177–192. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2491