PENGARUH PROGRAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2907Keywords:
Program Penguatan Pendidikan Karakter, Minat Belajar, Pendidikan KarakterAbstract
Tujuan penulisan ini, membahas pengaruh nilai karakter yang telah diimplementasikan dalam kegiatan belajar-mengajar, budaya sekolah, dan kegiatan ekstrakurikuler. Siswa diharapkan mampu secara mandiri meningkatkan pengetahuaannya, mengkaji serta menginternalisasi nilai-nilai karakter sehingga dapat mempengaruhi minat belajar. Pendekatan penelitian menggunakan kuantitatif jenis korelasi. Sumber data yang digali adalah siswa. Kuesioner sebagai metode pengumpulan data, sedangkan metode dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang populasi dan sampel. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 4, X MIPA 5, dan X MIPA 6. Adapun dalam mengambil sampel peneliti menggunakan pedoman dengan rumus solvin sehingga ditemukan dari jumlah populasi 95 siswa menjadi 49 peserta didik. Dari ketiga kelas yang telah dipilih peneliti menggunakan teknik random sampling. Nilai p value/signifikansi t untuk minat belajar siswa adalah 0,016 dan nilai tersebut lebih kecil dari pada 0,05 (0,016<0,05) menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan program penguatan pendidikan karakter terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri Campurdarat Tulungagung.
Downloads
References
Kementerian Pendidikan Nasional. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter.
Kesuma, D. (2011). Pendidikan Karakter Kajian Teori dan Praktek di Sekolah. Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.
Rusmiati. (2017). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar bidang studi ekonomi siswa ma al fattah sumbermulyo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1).
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.
Syah, M. (1995). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru. Remaja Rosdakarya.
Tim PPK Kemendikbud. (2017). Modul Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Bagi Guru. Kemendikbud.
Uno, H. (2008). Teori Motivasi dan Pengukuran: Analisis di Bidang Pendidikan. Bumi Aksara.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Tio Ari Laksono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.