PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI

Authors

  • Sholihat Seftiani Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Afridha Sesrita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Irman Suherman Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486

Keywords:

profesionalisme guru, motivasi belajar, kompetensi guru

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasi fungsional. Data penelitian dikumpulkan menggunakan teknik angket kuesioner, dengan jumlah responden sebanyak 85 siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan antara profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Diketahi bahwa nilai thitung 3,579  > 1,988 ttabel dengan taraf kesalahan adalah 5% dengan hasil signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Maka sesuai dengan hasil keputusan Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, ada pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa di SD Negeri Cijujung 03. Besarnya pengaruh profesionalisme guru terhadap motivasi belajar siswa sebesar  13,4%,  sedangkan 86,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari profesionalisme  guru  terhadap  motivasi  belajar  siswa  di  SD   Negeri Cijujung 03.

References

Harmalis, H. (2019). Motivasi belajar dalam perspektif islam. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 51-61.

Hidayat, S. (2017). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Kasmawati, K. (2015). Pengaruh guru profesional terhadap motivasi belajar peserta didik pada smpn 1 bontoramba kabupaten jeneponto. Jurnal Auladuna, 2(1), 42-64.

Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Model Pembelajaran: untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: CV Solusi Distribusi.

Laili, U. F., & Nafi'ah, I. M. (2020). Penggunaan metode trading palces dalam pembelajaran asmaul h}usna untuk meningkatkan prestasi belajar. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 45-56.

Pidarta, M. (2013). Landasan Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Republik Indonesia. (n.d.). Undang-Undang Sisdiknas Nomor 14 Bab I Pasal 1 Ayat 1. Jakarta: Kemendikbud.

Rusman, R. (2011). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi 2. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman, S. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Suprihatin, S. (2015). Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, 3(1), 73-82.

Susanto, A. (2014). Teori Belajar Pembelajaran. Jakarta: PT Prenada Media Grup.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Prenada Media Grup.

Usman, U. (2016). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Wahab, R. (2016). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wasehudin, W. (2018). Perspektif al-qur'an dan undang-undang tentang guru profesional. Journal of Islamic Education, 5(1), 111-121.

Wulandari, R. W. (2016). Kompetensi pedagogik dan profesional guru fisika dalam melaksanakan pendekatan saintifik di sman sleman. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 2(2), 92-104.

Yusutria, Y. (2017). Profesionalisme guru dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Jurnal Curricula, 2(1), 38-46.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Seftiani, S. ., Sesrita, A. ., & Suherman, I. . (2020). PENGARUH PROFESIONALISME GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SD NEGERI. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 125–138. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2486