PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL HUDA TINALAN KABUPATEN KEDIRI PADA MATA PELAJARAN IPS

Authors

  • Binti Nurul Khoiriyah Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.3873

Keywords:

metode inquiry, hasil belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran inquiry terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa kelas 3B MI Miftahul Huda Tinalan Kabupaten Kediri. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang berjenis survey. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampel dan diperoleh populasi sebanyak 8 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran inquiry sudah berjalan dengan baik dan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal itu ditunjukkan dengan siswa yang memperoleh nilai 80 atau ketagori baik sebanyak 3 siswa, siswa yang memperoleh nilai 60 atau kategori kurang sebanyak 1 siswa dan siswa yang memperoleh nilai 40 atau kategori sangat kurang sebanyak 1 siswa.

References

Budiyono, Fajar. (2018). "Analisis Kesulitan Siswa Dalam Belajar Pemecahan Masalah Pada Mata Pelajaran IPS Di SDN Gapura Timur I Sumenep." Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan pembelajaran 8.1.

Dewi, Candra.(2016). "Implementasi Metode Bamboo Dancing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar." JURNAL INDRIA (Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal) 1.1.

Hati, Silvia Tabah. (208). “Hubungan Antara Ilmu-Ilmu Sosial Dan IPS”. Jurnal Sosial Dan Budaya. 1.

Haryati, N., Alexon, & Jurniah, N. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri dan Penalaran Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 8, 101-102.

Ifrianti, Syofnidah. (2015) "Implementasi metode bermain dalam meningkatkan hasil belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah." Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar 2.2 150-169. Jurnal Pendas Mahakam. 3 (2). 151-158.

Mulyasa. (2003). Strategi Pembelajran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktaviani. (2020). “Pengaruh Jenis Kelamin Siswa Terhadap Hasil Belajar IPS”. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 9.6.

Ratnawati, Etty. (2016). "Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu." Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi. 2.1.

Salam, R. (2017). Model pembelajaran inkuiri sosial dalam pembelajaran IPS. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, 2(1), 7-12.

Sanjaya, Wina. (2008). “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”. Jakarta: Kencana Perdana Media Group.

Sapriya. (2009). Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaranya, Bandung: Remaja Rosdakarya, h. 12.

Setiasih, S. D., Panjaitan, R. L., & Julia. (2016). Penggunaan Model Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sifat-Sifat Magnet di Kelas V SDN Sukajaya Kecamatan Jatinunggal Kabupaten Sumedang. Jurnal Pena Ilmiah, 1, 424.

Siagian, Roida Eva Flora, and Maya Nurfitriyanti. (2015). "Metode pembelajaran inquiry dan pengaruhnya terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari kreativitas belajar." Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 2.1.

Sukmanasa, Elly. (2016). "Hubungan antara Disiplin Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial." Jurnal Kreatif : Jurnal Kependidikan Dasar 7.1.

Sulfemi, Wahyu Bagja dan Nurhasanah. (2018). Penggunaan Metode Demontrasi dan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran IPS.

Sulfemi, Wahyu Bagja. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno 18 (2), 1-8.

Surya, Yenni Fitra. (2017). "Peningkatan Hasil Belajar Siswa IPS Menggunakan Model Inkuiri Sekolah Dasar." Lembaran Ilmu Kependidikan 46.1. 12-15.

Susanto, Ahmad, (2014). Pengembangan Pembelajaran IPS Di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Khoiriyah, B. N. . (2020). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MI MIFTAHUL HUDA TINALAN KABUPATEN KEDIRI PADA MATA PELAJARAN IPS. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 215–224. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.3873