TINGKAT KEEFEKTIVITASAN PEMANFAATAN MEDIA GAMBAR TERHADAP NILAI HASIL PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS 2 MI MAMBA’UL HUDA
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.3871Keywords:
media Gambar, hasil pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektivitasan nilai hasil pembelajaran peserta didik dengan memanfaatkan media pembelajaran bergambar. Populasi penelitiannya yaitu semua murid siswa maupun siswi kelas II MI Mamba’ul Huda tahun ajaran 2020/2021. Teknik dalam pengambilan sampel adalah memakai media gambar . Jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media pembelajaran gambar sangat cocok digunakan terhadap pembelajaran IPA, membangkitkan motivasi belajar bagi siswa, siswa merasa mudah untuk mengingat terhadap materi pembelajaran yang begitu rumit, menarik perhatian peserta didik agar orientasi pembelajaran dapat berjalan maksimal, hasil belajar IPA mendapatkan prosentase tuntas belajar klasikal dan daya serap klasikal adalah 85% dan 82%, serta 12 siswa mendapatkan nilai dengan interval nilai 90-100.
Downloads
References
Chan, Faizal, Muhammad Sofwan, and Nike Dwi Putri. “Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Menggunakan Media Gambar Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2018): 57–72.
Dhiu, Efrida. “PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDI OETETE 2 KUPANG.” Jurnal Gatranusantara 18, no. 2 (2020): 237–42.
Embun, Sari, and Mardiah Astuti. “Pengaruh Penggunaan Media Gambar Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Bumi Dan Cuaca Di Madrasah Ibtidaiyah Najahiyah Palembang.” JIP (Jurnal Ilmiah PGMI) 1, no. 1 (2015): 80–106.
Firdaus, Muhammad, and Insih Wilujeng. “Pengembangan LKPD Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik.” Jurnal Inovasi Pendidikan IPA 4, no. 1 (2018): 26–40.
HASANAH, SITI USWATUN. “EFEKTIVITAS MODEL PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI PENGELOMPOKAN HEWAN SISWA KELAS III MI LAZUARDI AL-HIKMAH KECAMATAN KARANGWARENG KABUPATEN CIREBON,” 2019.
Mirnawati, Mirnawati. “Penggunaan Media Gambar Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa.” Didaktika: Jurnal Kependidikan 9, no. 1 (2020): 98–112.
Novitasari, F, and KY Margiyati. “Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Dengan Menggunakan Media Gambar.” Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa 3, no. 3 (n.d.).
Oviani, Tara. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar Negeri 56 Kota Bengkulu,” 2019.
Panjaitan, Seriani. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Media Gambar Pada Siswa Kelas IIA SDN 78 Pekanbaru.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 6, no. 1 (2017): 252–66.
Saputro, Venri Cahyo. “EFEKTIVITAS BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK DENGAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA,” 2019.
Siregar, Ruslan. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Sekolah Dasar.” SUARA GURU 3, no. 4 (2018): 715–22.
Sundari, Nina. “Penggunaan Media Gambar Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar.” EduHumaniora| Jurnal Pendidikan Dasar Kampus Cibiru 5, no. 1 (2013).
Suparman, Suparman, Musdalifah Nurdin, and Vanny MA Tiwow. “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA Melalui Media Gambar Di Kelas II SDN 03 Lakea Kab. Buol.” Jurnal Kreatif Online 5, no. 3 (2013).
Sutiarso, Sugeng. “Optimalisasi Penggunaan Papan Tulis Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa,” 2020.
Utami, Sarwik. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III Sekolah Dasar.” Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 7, no. 1 (2018): 137–48.
Utami, Yunita Setyo. “PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA.” Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK) 2, no. 1 (April 14, 2020): 104–9. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.607.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Ela Nur Aini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.