PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN IPA BERBASIS KONTEKSTUAL MATERI SUHU DAN KALOR DI SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3400Keywords:
Kontekstual, Pengembangan Modul, Suhu dan Kalor, Pembelajaran IPAAbstract
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengembangkan modul pembelajaran IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor untuk kelas 5 SD; (2) menghasilkan modul pembelajaran IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor kelas 5 SD yang layak untuk dipergunakan. Jenis penellitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation). Uji keterbacaan penelitian ini sejumlah 6 siswa SD Negeri Sindurjan Purworejo. Penelitian ini menghasilkan kevalidan dan kepraktisan produk. Nilai sebesar 3,32 diperoleh dari validasi ahli media dan 3,15 dari ahli materi, sehingga diperoleh nilai mean sebesar 3,23 dan tergolong kategori valid. Berdasarkan kuesioner respon siswa didapatkan nilai sebesar 3,53 sehingga termasuk kategori sangat praktis. Disimpulkan bahwa modul pembelajaran IPA berbasis kontekstual pada materi suhu dan kalor untuk sekolah dasar dinyatakan layak karena telah memenuhi kriteria kelayakan yaitu valid dan sangat praktis, sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar untuk siswa kelas V sekolah dasar.
Downloads
References
Al-Tabany, T. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Surabaya: Prenadamedia Group.
Aprilia, F. (2018). Hubungan kecerdasan interpersonal dengan perilaku kenakalan remaja di sma n 1 grobogan. Journal of Social and Industrial Psycology, 2(1), 56–63.
Kemendikbud. (2013). Panduan dan Penyelenggaraan Kuliah Daring Indonesia Terbuka & Terpadu. Jakarta: Direktorat Pembelajaran & Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Muslich, M. (2014). KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution, S. (2017). Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Nilasari, et. al. (2016). Pengaruh penggunaan modul pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar siswa kelas v sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1399–1404.
Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.
Shobirin, M. (2020). Pengembangan modul ipa kelas vi dengan model cooperative learning. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 24–37.
Syari, E. M., & Sepni, W. (2019). Pengembangan bahan ajar kurikulum 2013 berbasis karakter untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Khasanah Ilmu Berazam, 2(4), 612–621.
Twiningsih, A. (2017). Pengembangan modul pembelajaran tematik ekosistem berbasis problem based learning untuk meningkatkan berpikir siswa kelas v sd negeri kleco 1 kota surakarta tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Transformasi Pendidikan Abad 21 Untuk Mengembangankan Pendidikan Dasar Bermutu Dan Berkarakter, 4(4), 169–203.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Dwi Indah Cristiana, Titi Anjarini, Riawan Yudi Purwoko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.