PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL TERINTREGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SD

Authors

  • Sri Sumarti Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia
  • Muflikhul Khaq Universitas Muhammadiyah Purworejo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3399

Keywords:

Globalisasi, Ensiklopedia Digital, Pendidikan Karakter

Abstract

Era globalisasi saat ini banyak sekali dampak bagi dunia pendidikan di Indonesia, tidak hanya dampak positif ada pula dampak negatifnya. Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah budaya dari luar yang dapat dengan mudahnya masuk, sedangkan permasalahan negatif  yang sering muncul bagi peserta didik adalah terkikis nilai-nilai moral karena pengaruh budaya asing yang kurang sesuai dengan  kebudayaan Bangsa Indonesia, tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan ensiklopedia digital terintregrasi nilai pendidikan karakter pada materi seni tari kreasi daerah yang menggunakan R&D dengan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain atau perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation ). Berdasarkan hasil penelitian ini didapati hasil sebagai berikut, dilihat dari tiga validator yaitu ahli materi mendapatkan nilai hasil presentase 95,00%  dengan kategori sangat baik, oleh ahli media 95,45% dengan kriteria kelayakan sangat baik, dan oleh ahli praktisi mendapatkan nilai akhir dengan presntase 97,60% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan “sangat baik”. Kepraktisan media yang dapat dilihat dari uji coba terbatas dengan skor  89,00% yang menunjukan kategori sangat baik, uji coba luas dengan  skor 95% dengan kategori sangat baik sehingga dinyatakan “sangat baik”, sehingga masuk ke dalam kategori praktis.

References

Hastuti, H. (2020). Mitologi jawa dalam cerita calon arang karya pramoedya ananta toer. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 2(2), 131–140.

Hernawan, A. H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.

Hidayat, V. A. (2020). Gerak dan rasa dalam tari merak jawa barat. DESKOVI: Art and Design Journal, 3(2), 104–108. http://dx.doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.804

Indreswari, A. G., & Warsana, W. (2020). Pengembangan potensi seni batik dan seni pertunjukkan di desa kebon, bayat, klaten, jawa tengah. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 27–44.

Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).

Ratih, S., Supadmi, T., & Ramdiana, R. (2017). Proses pembelajaran tari batok di taman kanak-kanak bungong seleupoek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik, 2(4).

Sutikno, S., Susilo, S., & Hardiyanto, W. (2019). Pelatihan pemanfaatan scratch sebagai media pembelajaran. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 16(2), 173–178.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Sumarti, S. ., Anjarini, T. ., & Khaq, M. . (2021). PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL TERINTREGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SD . SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 131–144. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3399