PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA DIGITAL TERINTREGRASI PENDIDIKAN KARAKTER UNTUK SISWA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3399Keywords:
Globalisasi, Ensiklopedia Digital, Pendidikan KarakterAbstract
Era globalisasi saat ini banyak sekali dampak bagi dunia pendidikan di Indonesia, tidak hanya dampak positif ada pula dampak negatifnya. Salah satu dampak negatif dari globalisasi adalah budaya dari luar yang dapat dengan mudahnya masuk, sedangkan permasalahan negatif yang sering muncul bagi peserta didik adalah terkikis nilai-nilai moral karena pengaruh budaya asing yang kurang sesuai dengan kebudayaan Bangsa Indonesia, tujuan dari pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan ensiklopedia digital terintregrasi nilai pendidikan karakter pada materi seni tari kreasi daerah yang menggunakan R&D dengan metode ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analisis (analysis), desain atau perencanaan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation ). Berdasarkan hasil penelitian ini didapati hasil sebagai berikut, dilihat dari tiga validator yaitu ahli materi mendapatkan nilai hasil presentase 95,00% dengan kategori sangat baik, oleh ahli media 95,45% dengan kriteria kelayakan sangat baik, dan oleh ahli praktisi mendapatkan nilai akhir dengan presntase 97,60% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat dikatakan “sangat baik”. Kepraktisan media yang dapat dilihat dari uji coba terbatas dengan skor 89,00% yang menunjukan kategori sangat baik, uji coba luas dengan skor 95% dengan kategori sangat baik sehingga dinyatakan “sangat baik”, sehingga masuk ke dalam kategori praktis.
Downloads
References
Hastuti, H. (2020). Mitologi jawa dalam cerita calon arang karya pramoedya ananta toer. Ksatra: Jurnal Kajian Bahasa Dan Sastra, 2(2), 131–140.
Hernawan, A. H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar. Bandung: Direktorat UPI.
Hidayat, V. A. (2020). Gerak dan rasa dalam tari merak jawa barat. DESKOVI: Art and Design Journal, 3(2), 104–108. http://dx.doi.org/10.51804/deskovi.v3i2.804
Indreswari, A. G., & Warsana, W. (2020). Pengembangan potensi seni batik dan seni pertunjukkan di desa kebon, bayat, klaten, jawa tengah. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 27–44.
Muhson, A. (2010). Pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2).
Ratih, S., Supadmi, T., & Ramdiana, R. (2017). Proses pembelajaran tari batok di taman kanak-kanak bungong seleupoek. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Seni, Drama, Tari & Musik, 2(4).
Sutikno, S., Susilo, S., & Hardiyanto, W. (2019). Pelatihan pemanfaatan scratch sebagai media pembelajaran. Rekayasa: Jurnal Penerapan Teknologi Dan Pembelajaran, 16(2), 173–178.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Sri Sumarti, Titi Anjarini, Muflikhul Khaq
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.