PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SD/MI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH

Authors

  • Dewi Agus Triani Fakultas Tarbiyah, Institut Agama Islam Negeri Kediri, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2485

Keywords:

buku ajar, perkembangan peserta didik SD/MI, pendekatan kontekstual

Abstract

Tujuan penelitian pengembangan ini untuk menghasilkan buku ajar Perkembangan Peserta Didik SD/MI pada program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Pengembangan buku ajar ini dilakukan dengan pendekatan kontekstual menggunakan model desain pengembangan Dick and Lou Carey. Penelitian ini dilaksanakan pada Program Studi PGMI dengan mengambil sampel dari uji perorangan sejumlah 5 mahasiswa, uji kelompok kecil sejumlah 12 mahasiswa, dan uji lapangan sejumlah 36 mahasiswa. Hasil penelitian diperoleh, buku ajar Perkembangan Peserta Didik SD/MI mendapat penilaian dengan kualifikasi baik, berdasarkan hasil validasi ahli isi memperoleh presentase 88%, ahli desain mendapat presentase 91%, dan ahli bidang studi mendapatkan 88%. Berdasarkan data tersebut maka bahan ajar layak dan tidak perlu revisi. Selain uji ahli, bahan ajar juga dilakukan uji coba dengan hasil uji perorangan presentase 92%, uji kelompok kecil 87%, dan uji lapangan mendapat presentase 90%, sehingga bahan ajar dikatakan layak dan tidak perlu revisi. Dengan melihat rata-rata (mean) nilai pre-test adalah 69,59 dan post test 89,17 maka hal ini menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata kelas. Dari taraf signifikansi (2-tailed) dapat dilihat hasil uji t menunjukkan angka 0.000. Jika signifikansi (2-tailed) < 0,05 maka perbedaan yang muncul sangat signifikan. Dengan demikian buku ajar Perkembangan Peserta Didik SD/MI yang dikembangkan dengan pendekatan kontekstual terbukti secara signifikan efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa.

References

Ali, M. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional. Bandung: Imperial Bhakti Utama.

Anggraeni, D. T., & Wulandari, R. W. (2020). Penerapan model group investigation pada mapel pendidikan kewarganegaraan. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 1-16.

Kadir, A. (2013). Konsep pembelajaran kontekstual di sekolah. Dinamika Ilmu, 13(3).

Kartikasari, A. D. (2020). Pengaruh model contextual teaching and learning terhadap hasil belajar siswa mapel ipa materi perubahan wujud benda. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1), 57-66.

Komalasari, K. (2010). Pembelajaran Konstekstual. Bandung: Refika Aditama.

Ningsih, R. S. (2014). Pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa smp. Infinity, 3(3).

Pannen. (2001). Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas.

Republik Indonesia. (2012). Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bab I Pasal I. Jakarta: Republik Indonesia.

Rosita, I. (2014). Penerapan pendekatan kontekstual dalam peningkatan pembelajaran ipa pada siswa kelas vi sdn 2 kalirejo kecamatan karanggayam tahun ajaran 2014/2015. Kalam Cendekia, 3(5).

Slavin, R. E. (2017). Psikologi Pendidikan: Teori dan Praktik. Jakarta: Indeks.

Uyun, F. (2010). Pengembangan bahan ajar pembelajaran al-qur'an dengan pendekatan hermeneutik bagi kelas 5 madrasah ibtidaiyah negeri (min) 1 malang. Malang: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah UIN Malang.

Downloads

Published

2020-10-30

How to Cite

Triani, D. A. . (2020). PENGEMBANGAN BUKU AJAR PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK SD/MI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDAIYAH. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 109–124. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i2.2485