PENGARUH PENERAPAN MODEL IOC BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF

Authors

  • Irwanto Irwanto Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Syamsuddin Ali Nasution Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Afridha Sesrita Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2459

Keywords:

Prestasi Belajar, Pendidikan Kewarganegaraan, IOC, Contextual

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) berasosiasi pendekatan kontekstual terhadap prestasi belajar peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian semu (quasi experimental design). Hasil akhir penelitian ini menunjukan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model IOC pada kelas eksperimen diperoleh data skor maksimum yaitu 100 dan skor minimum yaitu 60 dengan jumah rata-rata skor sebesar 83,21. Skor paling tinggi yang diperoleh pada kelas kontrol sebesar  90, diperoleh skor minimum yakni 25 dengan skor rata-rata 62,32. Terdapat kenaikan persentase rata-rata prestasi belajar peserta didik sebesar 37,30%. Hasil kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil akhir diperoleh dimana kelas ekserimen meningkat setelah pengimplementasian model dengan nilai 83,21 dibandingkan dengan kelas kontrol dengan nilai 62,32 dengan selisih nilai 20,89.

References

Anggraeni, D. T., & Wulandari, R. W. (2020). Pengaruh model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar pendidikan kewarganegaraan. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(1).

Fuad, I. (2012). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurmilawati. (2017). Perbandingan hasil belajar matematika siswa menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe stad dan model pembelajaran discovery learning pada siswa kelas vii smpn 1 tinggimoncong. UIN Alauddin Makassar.

Purwanto, M. N. (2000). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Republik Indonesia. (2012). Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Ayat 1 (Kemendikbud (ed.)).

Sesrita, A. (2016). Peningkatan pemahaman konsep melalui ctl berasosiasi teknik think-pair-share. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2).

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.

Taniredja, T., Faridli, M., & Harmianto, S. (2013). Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Afabeta.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Irwanto, I., Nasution, S. A. ., & Sesrita, A. . (2021). PENGARUH PENERAPAN MODEL IOC BERASOSIASI PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV DALAM ASPEK KOGNITIF. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 83–94. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2459