MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Authors

  • Leonora Nama SD Katikuloku Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.3033

Keywords:

PTK, Pendidikan Agama Katolik, Metode Bercerita, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya persentase ketercapaian KKM yang diperoleh siswa Kelas IV SD Negeri Waisumar. Rumusan permasalahan penelitian ini adalah apakah metode bercerita dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi Allah Memberikan Sepuluh Firman-Nya Sebagai Pedoman Hidup pada siswa kelas IV SD Negeri Waisumar Sumba Tengah. Adapun tujuan kegiatan PTK ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar melalui metode bercerita pada materi Yesus Mengampuni Orang Berdosa. Hasil dari PTK yang berlangsung sebanyak 2 siklus penelitian yaitu siklus I dan siklus II dapat disimpulkan bahwa: (1) selama berlangsungnya PTK, upaya penerapan metode bercerita dapat dikelola dengan baik; (2) kegiatan pembelajaran dengan metode bercerita ternyata cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran PAKAT; (3) metode bercerita cukup efektif untuk menyampikan materi Allah memberikan 10 Firman-Nya sebagai pedoman hidup pada pelajaran PAKAT (Pendidikan Agama Katolik).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daryanto. (2012). Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Gunarti, W., Suryani, L., & Muis, A. (2014). Metode Pengembangan Perilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.

Ismail. (2015). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Pendidikan Lanjutan Pertama Depdiknas.

Laksono, T. A. (2021). Pengaruh program penguatan pendidikan karakter terhadap minat belajar siswa. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1).

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar dan pembelajaran. Fitrah Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333–352.

Sumiati, & Asra. (2012). Metode Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Suryosubroto. (2010). Tata Laksana Kurikulum. Jakarta: Rineka Cipta.

Tarigan, H. G. (2013). Berbicara sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Trianto. (2011). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.

Udini, & Purba, S. (2012). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: Depdiknas, PPPPTK Bahasa.

Woolfolk, A. (2010). Educational Psychology, 9th Edition. Englewood Cliffs, New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Nama, L. . (2021). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MAPEL PENDIDIKAN AGAMA KATOLIK MELALUI METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 75–82. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.3033