HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU VERBAL BULLYING DI SEKOLAH DASAR

Authors

  • Indri Yani Gultom Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Helmia Tasti Adri Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Djuanda Bogor, Indonesia
  • Syukri Indra Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Djuanda Bogor, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398

Keywords:

Kecerdasan Interpersonal, Perilaku Verbal Bullying, Sekolah Dasar

Abstract

Setelah melakukan observasi di SDN 1 Kompa, peneliti melihat beberapa siswa menunjukkan perilaku yang bermasalah, seperti acuh dengan orang lain, tidak bisa tentram, pendiam, dan mudah jenuh. Setelah peneliti melakukan percakapan dengan guru kelas, guru tersebut mengatakan bahwa siswa tersebut bersikap demikian dikarenakan kurangnya interaksi sosial baik siswa dengan siswa ataupun guru dengan siswa. Siswa sering diolok-olok oleh temannya sehingga membuat siswa tersebut menarik diri dari pergaulan dan mengakibatkan kecerdasan interpersonal siswa tersebut menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kecerdasan interpersonal terhadap kecenderungan perilaku verbal bullying. Penelitian ini merupakan penelitian korelasi, desain penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 1 Kompa, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, dengan subjek penelitian adalah siswa kelas IV sebanyak 40 orang siswa dari dua kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Adapun analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan uji prasyarat analisis. Hasil akhir uji hipotesis korelasi product moment menunjukkan nilai signifikan sebesar 0,003 < 0,05, hasil ini membuktikan ada hubungan yang signifikan antara kecerdasan interpersonal dan perilaku verbal bullying di kelas IV SDN 1 Kompa Sukabumi berupa korelasi negatif atau tidak searah.

References

Agustinalia, I. (2018). Mengenal Kecerdasan Manusia. Sukoharjo: Graha Printama Selaras.

Aprilia, F. (2018). Hubungan kecerdasan interpersonal dengan perilaku kenakalan remaja di sma n 1 grobogan. Journal of Social and Industrial Psycology, 2(1), 56–63.

Jasmine, J. (2016). Metode Mengajar Multiple Intelegences. Bandung: Nuansa Cekdekia.

Kartika, K., Darmayanti, H., & Kurniawati, F. (2019). Fenomena bullying di sekolah: apa dan bagaimana? PEDAGOGIE: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 56–66.

Monawati, M. (2015). Hubungan antara kecerdasan interpersonal dengan prestasi belajar. Jurnal Pesona Dasar, 3(3), 21–32.

Putri, F. R., & Nurwianti, F. (2018). Hubungan pola asuh otoriter terhadap perilaku perundungan pada remaja. Jurnal Kesehatan Keluarga Dan Pendidikan, 5(2), 102–108.

Rusmiati, E., Adri, H. T., & Indra, S. (2020). Development of science learning media monsains (science monopoly) in human imgestion system materials for elementary school. Indonesian Journal of Social Research (IJSR), 3(3), 218–223.

Sutarna, N. (2018). Penerapan pendekatan sosial untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal siswa sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary Education, 2(2), 61–70.

Wahyuni, A., Sulaiman, S., & Mahmud, H. (2016). Hubungan kecerdasan interpersonal siswa terhadap perilaku verbal bullying di sd 40 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4), 33–43.

Zakiyah, E. Z., Humaedi, S., & Santoso, B. (2017). Faktor yang mempengaruhi remaja dalam melakukan bullying. 4(2), 189–389.

Downloads

Published

2021-10-30

How to Cite

Gultom, I. Y. ., Adri, H. T. ., & Indra, S. . (2021). HUBUNGAN KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU VERBAL BULLYING DI SEKOLAH DASAR. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(2), 121–130. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i2.3398