PENERAPAN SCIENTIFIC LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Amalia Utami TK Hikari Tangerang Selatan, Indonesia
  • Zahratul Futuhat MI Al Khaeriyah Setu, Indonesia
  • Anis Nurhasanah STAI Fatahillah Serpong, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2573

Keywords:

Scientific learning, Akidah akhlak, COVID-19, pembelajaran jarak jauh

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan pendekatan scientific learning pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 di kelas 2 MIM Al-Misbah Serpong. Hal ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis terhadap penerapan scientific learning  di MIM Al- Misbah yang harus melakukan kegiatan belajar jarak jauh yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas 2. Data penelitian diambil dengan teknik wawancara terhadap guru wali kelas 2 sekaligus pengajar Akidah Akhlak di kelas 2 beserta kepala sekolah MIM Al-Misbah. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Juli hingga September 2020. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific learning pada pelajaran Akidah Akhlak di masa pandemi COVID-19 cukup efektif dan menurut wawancara dengan guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 2 nilai siswa cenderung meningkat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bahri, S. (2011). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1).

Elwanda, R. O. (2015). Pembelajaran akidah akhlak dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial siswa kelas viii madrasah tsanawiyah (mts) persatuan ummat islam (pui) ciawigebang kabupaten kuningan. http://repository.syekhnurjati.ac.id/2832/

Kemendikbud. (2020a). Kemendikbud terbitkan kurikulum darurat pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus

Kemendikbud. (2020b). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemenkes. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait covid-19. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/

Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Deepublish Publisher.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

UNICEF. (2020). Tanya jawab seputar coronavirus (covid-19). https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/ta

Wahyudi, D., & Agustin, N. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran berbasis naturalistik eksistensial spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).

WHO. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks covid-19. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indo

Yunus, H., & Alam, H. V. (2018). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2021-04-30

How to Cite

Utami, A. ., Futuhat, Z. ., & Nurhasanah, A. N. (2021). PENERAPAN SCIENTIFIC LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 2(1), 35–48. https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2573