PENERAPAN SCIENTIFIC LEARNING PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v2i1.2573Keywords:
Scientific learning, Akidah akhlak, COVID-19, pembelajaran jarak jauhAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penerapan pendekatan scientific learning pada pembelajaran Akidah Akhlak dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi COVID-19 di kelas 2 MIM Al-Misbah Serpong. Hal ini dilatarbelakangi oleh keingintahuan penulis terhadap penerapan scientific learning di MIM Al- Misbah yang harus melakukan kegiatan belajar jarak jauh yang disebabkan oleh pandemi COVID-19, terutama pada mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas 2. Data penelitian diambil dengan teknik wawancara terhadap guru wali kelas 2 sekaligus pengajar Akidah Akhlak di kelas 2 beserta kepala sekolah MIM Al-Misbah. Penelitian ini dilakukan pada Bulan Juli hingga September 2020. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan scientific learning pada pelajaran Akidah Akhlak di masa pandemi COVID-19 cukup efektif dan menurut wawancara dengan guru mata pelajaran Akidah Akhlak kelas 2 nilai siswa cenderung meningkat.
Downloads
References
Bahri, S. (2011). Pengembangan kurikulum dasar dan tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1).
Elwanda, R. O. (2015). Pembelajaran akidah akhlak dan pengaruhnya terhadap perilaku sosial siswa kelas viii madrasah tsanawiyah (mts) persatuan ummat islam (pui) ciawigebang kabupaten kuningan. http://repository.syekhnurjati.ac.id/2832/
Kemendikbud. (2020a). Kemendikbud terbitkan kurikulum darurat pada satuan pendidikan dalam kondisi khusus. https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/08/kemendikbud-terbitkan-kurikulum-darurat-pada-satuan-pendidikan-dalam-kondisi-khusus
Kemendikbud. (2020b). Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Tahun Ajaran 2020/2021 dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Coronavirus Desease 2019 (COVID-19). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kemenkes. (2020). Pertanyaan dan jawaban terkait covid-19. https://www.kemkes.go.id/folder/view/full-content/
Maryani, I., & Fatmawati, L. (2015). Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar (Teori dan Praktik). Deepublish Publisher.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.
UNICEF. (2020). Tanya jawab seputar coronavirus (covid-19). https://www.unicef.org/indonesia/id/coronavirus/ta
Wahyudi, D., & Agustin, N. (2018). Upaya meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak dengan menggunakan model pembelajaran berbasis naturalistik eksistensial spiritual. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1).
WHO. (2020). Anjuran mengenai penggunaan masker dalam konteks covid-19. https://www.who.int/docs/default-source/searo/indo
Yunus, H., & Alam, H. V. (2018). Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Deepublish Publisher.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Amalia Utami, Zahratul Futuhat, Anis Nurhasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.