Pengembangan Game Edukasi Berbasis Web Pada Materi Bangun Ruang Dengan Construct 2
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3355Keywords:
Construct 2, Game Edukasi, GeometriAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun game edukasi pada materi geometri bangun ruang untuk siswa tingkat SD. Penelitian yang dilakukan di MI Al Hikmah Kediri ini termasuk dalam penelitian pengembangan yang menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D). Penelitian ini dimulai pada Maret dan berakhir pada Agustus 2020 di MI Al Hikmah Kediri dengan subjek penelitian siswa jenjang kelas VI sebanyak 20 orang untuk melakukan pengujian. Game edukasi ini dibangun menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dikembangkan oleh Luther-Sutopo dengan tahap pengembangan game yang terdiri dari concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Construct 2 dapat digunakan untuk mengembangkan game edukasi dengan baik. Hasil uji materi dan multimedia terkait dengan kelayakan game mendapatkan skor 4.025 dan 4.4 yang termasuk dalam intepretasi kuat. Sementara dalam uji kemenarikan game mendapat skor 3.8 yang termasuk dalam kriteria sangat menarik. Dengan demikian game edukasi bangun ruang ini dapat dikatakan layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran matematika khususnya topik bangun ruang untuk siswa kelas VI.Downloads
References
Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik Indonesia.
Hidayah, N., Widyastuti, R., & Netriwati. (2020). Aplikasi Construct 2 Pengembangan E-LKPD dengan Berbasis STEM. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, Vol 5 No. 03.
Lestari, J., Pranata, O., & Muiz L, D. (2018). Desain Didaktis Jaring-Jaring Kubus dan Balok Untuk Mengembangkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 263-273.
Nugraha, N., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Bentuk Aljabar Pada Siswa SMP Kelas VII. Journal On Education, Vol 1 No.2.
Rahman, R. A., & Tresnawati, D. (2016). Pengembangan Game Edukasi pengenalan Nama Hewan dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut, Vol. 13.
Rizky, S. (2011). Pengujian Black Box. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Romsih, O., Yuhana, y., & Nindiasari, H. (2019). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Problem Posing Ditinjau Dari Tahap Perkembangan Kognitif Siswa. Supremum Journal of Mathematics Education, vol.3 No. 1.
Scira Team. (2020, 11 10). Construct 2 Games Editor. Retrieved from construct.net: www.construct.net/en/make-games/games-editor
Sutopo, A. H. (2003). Multimedia Interaktif dengan Flash. yogyakarta: Graha Ilmu.
Syamsudin, A. (2013). Aplikasi Metode top Down Parsing Pada Game Pembelajaran Cisco Router . Semnasteknomedia .
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 Ahmad Syamsudin, Risca Mufti, M Ilham Habibie, Ika Kusuma Wijaya, Nuriza Sofiastuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.