Model Integrasi Keilmuan: Implementasi Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai di SDI Sabilillah Malang

Authors

  • Hidayat Rahman SMKN 1 Tuban

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i1.1642

Keywords:

metode pembelajaran, matematika, basis nilai

Abstract

Artikel ini mengungkap model integrasi pembelajaran Matematika berbasis nilai-nilai keislaman yang dilakukan di Sekolah Dasar Islam Sabilillah Malang. Implementasi pembelajaran Matematika berbasis nilai ini dilaksanakan karena banyak tindakan amoral dan tercela yang karakter kasusnya berakar pada perhitungan, seperti suap, korupsi dan radikal. Maka dimulai dari integrasi keilmun antara rumpun keilmuan Matematika dengan nila-nilai karakter yang tergambar dari nilai keislaman, pada prosesnya melahirkan pemahaman utuh yang dimiliki oleh peserta didik. Mulai dari topik pelajaran Matematika tentang aritmatika, bangunan, himpunan bilangan sampai pada geometri diintegrasikan dengan nilai-nilai kemanusiaan. Peserta didik menemukan posisinya sebagai manusia yang berpengetahuan dan bermoral. Pendidikan nilai ini berpengaruh terhadap pola pikir, tingkah laku dan cara bergaul di lingkungannya.

References

Afandi, Rifki. 2003. “Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Ips Di Sekolah Dasar”. 1, no. 1.

Al-Syaibani, Muhammad al-Toumy. 1979. "Filsafat Pendidikan Islam", Jakarta: Bulan Bintang.

Atjeh, Abu Bakar. 1970. “Sejarah Filsafat Islam”, Semarang: CV Ramadani.

Azra, Azyumardi. 2017. ”Surau: Pendidikan Islam Tradisional dalam Tradisi dan Modernis”, Bandung: Kencana.

Farida, Siti. 2016. “Pendidikan Karakter Dalam Prespektif Islam” . 1, no. 1.

Ibrahim. 2016. "Pemikiran Islam Kontemporer (Studi Kritis Terhadap Pemikiran Harun Nasution", Jurnal Aqiqah-Ta II (2).

Ikhwan, Afiful, “Integrasi Pendidikan Islam” 02 (n.d.).

Iriyanto. 1977. "Pendidikan Berbasis Multikulturalisme Suatu Upaya Penguatan Jatidiri Bangsa", dalam Charles Hammes UNESCO.

Kholidah, Lilik Nur, “Pola Integrasi Nilai-Nilai Keislaman dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Lembaga Pendidikan,” n.d..

Mappasiara. 2018. “PENDIDIKAN ISLAM (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya),” Inspiratif Pendidikan 7, no. 1.

Misdalina. 2009. Pengembangan Materi Integral untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Menggunakan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) di Palembang, Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (1).

Mulyana, Rohmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung : CV. Alfabeta.

Muspiroh, Novianti. 2016. “Integrasi Nilai Islam Dalam Pembelajaran IPA (Perspektif Pendidikan Islam),” Jurnal Pendidikan Islam 28, no. 3.

Nawawi, Ahmad. 2011. “Pentingnya Pendidikan Nilai Moral Bagi Generasi Penerus,” 2011.

Nurwanto, Naufal Ahmad Rijalul Alam. 2018. “Pembelajaran Agama Islam Kontekstual dengan Photo Essays dalam Praktik Microteaching,” ISLAMADINA 19, no. 2.

Prabowo, Hendro. 2008. "Pendekatan Integral dalam Psikoterapi Transpersonal", Junal Psikologi 16 (1).

Raharjo, Satjipto. 2005. "Pendidikan Hukum sebagai Pendidikan Manusia", Jurnal Law Refom, 1 (1).

Rahayu, Rina. 2015. "Pengaruh Pendidikan, Lingkungan Keluarga, Pergaulan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Penyimpangan Kerja dan Keuangan", e-Jurnal Ilmu Manajemen MAGISTRA, 1 (10).

Sabirin, Muhamad 2014. “Representasi dalam Pembelajaran Matematika,” Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 2.

Soeprapto, Sri. 2013. “Landasan Aksiologis Sistem Pendidikan Nasional Indonesia Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan,” No. 2.

Subur. 1970. “Pendidikan Nilai: Telaah tentang Model Pembelajaran,” INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan 12, no. 1. Surur, A. M., & Cholifah, K. N. (2018). Penerapan Good Governance pada Kepengurusan Pondok Pesantren Putri Al-Amien. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(2), 261-274. Surur, A. M., Rosyidi, A. H., Prasetia, Y. A., Asrori, K., & Azizah, L. (2018). Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian). Factor M, 1(1).

Surur, Agus Miftakus, Siti Mahmudah, Siti Nur Khasanah. 2018. Integrasi Ilmu Agama Dengan Ilmu Umum Untuk Menghadapi Era Globalisasi. IQRA’ (Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan), Vol. 3. No.1.

Tabrani. 2013. “Moderasi Pengembangan Pendidikan Islam”, Jurnal Serambi Tarbawi, 01 (01).

Umar, Wahid. 2012. “Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Pembelajaran Matematika,” Infinity Journal 1, no. 1.

Wening, Sri. 2012. “Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai,” Jurnal Pendidikan Karakter.

Yusnita, Irda 2016. "Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Metafisis", Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1).

Yusnita, Irda. 2016. "Modifikasi Model Pembelajaran Gerlach dan Ely Melalui Integrasi Nilai-Nilai Keislaman sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Representasi Metafisis", Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7 (1).

Downloads

Published

30-12-2019

How to Cite

Hidayat Rahman. (2019). Model Integrasi Keilmuan: Implementasi Metode Pembelajaran Matematika Berbasis Nilai di SDI Sabilillah Malang. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 2(1), 15–29. https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i1.1642

Issue

Section

Articles