Analisis Kecenderungan Mahasiswa Tadris Matematika dalam Memilih Aplikasi Belajar Berbasis E-Learning berdasarkan Minat Belajar

Authors

  • Firda Ridhotul Ummah Ababil Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Kediri
  • Erni Septianawati Tadris Matematika, Institut Agama Islam Negeri Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3418

Keywords:

E-learning, Minat belajar, Tadris Matematika, Kecenderungan Mahasiswa

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dan menguji hipotesis tentang kecenderungan mahasiswa Tadris Matematika dalam memilih aplikasi pembelajaran berbasis e-learning berdasarkan minat belajarnya. Hipotesis yang diuji dalam penelitian ini adalah: H0 = Pilihan mahasiswa saat memilih aplikasi pembelajaran berbasis e-learning sama, Ha= Pilihan mahasiswa saat memilih aplikasi pembelajaran berbasis e-learning berbeda. Populasi penelitian ini adalah siswa matematika Tadris dengan sampel yang dipilih secara acak. Alat penelitian yang digunakan adalah
Isi kuesioner dari Google Form. Survey tersebut memiliki beberapa pilihan media aplikasi e-learning seperti Edmodo, Google Classroom, e-learning IAIN Kediri, dan Quiziz. Analisis data menggunakan uji statistik, uji chi-square dengan taraf signifikansi 5%. Akibatnya, siswa matematika Tadris cenderung memilih media aplikasi Google Classroom sesuai dengan minat belajarnya. Hal ini dinilai Google Classroom sebagai media aplikasi berbasis e-learning yang efisien karena fitur-fiturnya yang sangat lengkap dan mudah digunakan. Disamping itu juga dilengkapi basis data yang rapi dan jelas.

Downloads

Download data is not yet available.

References

D Pibriana, & Ricoida, D. I. (2017). Analisis Pengaruh Penggunaan Internet Terhadap Minat Belajar Mahasiswa (Studi Kasus: Perguruan Tinggi Di Kota Palembang).

Jurnal Jatisi, 3(2), 105. Firmansyah, Dani. (2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Unsika, Volume 3 Nomor 1.

Hendrastomo, Grendi. (2008). Dilema dan Tantangan Pembelajaran E-Learning. Majalah Ilmiah Pembelajar. Majalah Ilmiah Pembelajar, Nomor 1. Vol.4 Mei 2008

Heri Sucipto. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Factor M : Jurnal Program Studi Tadris Matematika IAIN Kediri, Vol. 1 No.2 2019.

Khusniyah, Tri Wardati, Prima Rias Wana. 2020. Persepsi Mahasiswa Pgsd Pada Inovasi Pembelajaran Berbasis E-Learning. Wahana Sekolah Dasar, Vol 28, No 1, Halaman 1-10

Ningtyas, Nafaul Nursafitri. (2021). Pengaruh Penggunaan E-Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan Penndidikan IPS UIN Maulana Malik

Ibrahim Malang. (Skripsi: UIN Maulana Malik Ibrahim, 2021).

Noer Hidayah. (2021). Analisis Penerimaan Aplikasi Pembelajaran Online Menggunakan Technology Acceptance Model 3 dan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS SEM). Factor M : Jurnal Program Studi Tadris Matematika IAIN Kediri, Vol.3 , No.2.

Pibriana, D., & Ricoida, D. I. (2017). Jurnal Jatisi, 3(2), 105.

Prawiradilaga, D.S. (2014). Wawasan Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Radyati, A. (2020). Persepsi mahasiswa tentang E-learning google classroom berpengaruh pada minat dan motivasi belajar. Teraputik: Jurnal Bimbingan dan Konseling, Vol. 4 No. 2, 88-93.

Ratna Yuniarti, & Widya Hartati. (2020). Persepsi Mahasiswa Tentang Penerapan ELearning ada Masa Darurat Covid-19. Apotema: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, Vol. 6 No. 2.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2).

Roman Andrianto Pangondian, d. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer dan Sains.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Ummiy Fauziah. 2020. Prediksi Hasil Ujian Nasional Siswa Menengah Atas : Pendekatan Data Mining. Factor M : Jurnal Program Studi Tadris Matematika IAIN Kediri, Vol. 3 No.1.

Zhafira, E. Y., & Chairiyaton. (n.d.). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen, 37-45.

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

Ababil, F. R. U., & Septianawati, E. (2021). Analisis Kecenderungan Mahasiswa Tadris Matematika dalam Memilih Aplikasi Belajar Berbasis E-Learning berdasarkan Minat Belajar . Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 21–30. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3418

Issue

Section

Articles