Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik

Authors

  • Deiby Tiwow Universitas Katolik De La Salle
  • Veronica Wongkar Universitas Katolik De La Salle
  • Navel Oktaviandy Mangelep Universitas Negeri Manado
  • Edino Ayub Lomban Universitas Katolik De La Salle

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219

Keywords:

Powtoon as an animation media, Learning interest, Learning Outcomes, Mathematics

Abstract

Penelitian ini bertujuan (a) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon dan media konvensional. (b) Untuk mengetahui pengaruh interaksi antara media animasi powtoon terhadap hasil belajar jika ditinjau dari minat belajar. (c) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon dan media pembelajaran konvensional untuk kelas peserta didik yang memiliki minat belajar tinggi. (d) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon dan media konvensional untuk kelas yang memiliki minat belajar rendah. Jenis penelitian yaitu Quasi Experimental dengan menggunakan Treatment by level design. Sampel dalam penelitian ini adalah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan Angket Minat dan Tes Hasil Belajar. Analisis data menggunakan Analisis Varians-2 Arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) Hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon lebih tinggi dari kelas yang diajarkan media konvensional. (b) Terdapat pengaruh interaksi antara media pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. (c) Untuk kelas yang memiliki minat belajar tinggi, hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon lebih tinggi dari kelas yang diajarkan dengan media konvensional. (d) Untuk kelas yang memiliki minat belajar rendah, hasil belajar kelas yang diajarkan dengan media animasi powtoon lebih tinggi dari media konvensional.

 

The study was conducted to (1) Find the differences of class using powtoon as media and class using conventional media. (2) Find the impact of using powtoon as media on student’s final grade from students learning interest point of view. (3) Find out the differences of final grade from students with high learning interest using powtoon and conventional media. (4) Find out the differences of student’s grades with low learning interest using Powtoon and conventional media. The study was conducted with quantitative approach and Quasi Experimental utilizing treatment by level design. The samples are 38 students. Data was collected by questionnaires and test’s grade. We used Two Way Analysis of Variance. Results show that: (1) The grade of class that apply powtoon was higher than the class using conventional media. (2) We found the existence of learning media (powtoon) impact on student’s learning interest. (3) Group of students with high learning interest using powtoon as media had higher grade compared to group using conventional media. (4) Group of students with low learning interest using powtoon as. media had higher grade compared to group with low learning interest using conventional media.

References

Allen, M. J. & Yen, W. M. (1979). Introduction to measurement theory. California : Brooks/Cole Publishing Company

Ebbel, R. I., & Frisbie, D. A. (1986). Essential of educational measurement (4th ed). New Jersey: Prentice-Hell, Inc

Dianawati Elisa, dkk. 2018. “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigetion Berbantuan Media Video PowToon Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Peserta Didik”. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol. 15 no.2 Di ambil dari link http://jurnal.fkip.unla.ac.id./index.php/educare/article/view/230.

Gie, The Liang. 1988. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Kemajuan Studi.

Hamidaturommah, dkk. 2019. “Efektifitas Pembelajaran IPA Menggunakan Media Powtoon Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas IV SD”. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Vol. 1. No. 2. Diambil dari link http://ejournal.unisnu.ac.id/jtn/article/view/1462. Diakses pada tanggal 23 Maret 2021.

Lativa. 2020. “Pengaruh Media Video Berbasis Powtoon Dalam Pembelajaran Daring”. Seminar Nasional Penelitan. Vol 1 Diambil dari http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit. Diakses pada tanggal 23 Maret 2021.

Lusi Septiana. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Video Animasi Powtoon Terhadap Minat Dan Hasil Belajar Geografi Peserta didik Sma Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2018/2019. Skripsi. Lampung. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lampung.

Mangelep, N. O. 2017. Pengembangan Website Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 431-440.

Nitko, A. J., & Brookhart, S.M.B 2007. Educational assessment of student (5th ed). New Jersey: Peason Educational.

Nurlaila, 2018. Profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu pendidikan. Palembang. Perpusnas.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D). Bandung. Alfabeta.

Tiwow, D. 2020. The Effect of Cooperative Learning Model of STAD to the Mathematics Understanding. Atlantis Press, diambil dari https://doi.org/10.2991/assehr.k.200513.063.

Downloads

Published

26-06-2022

How to Cite

Tiwow, D. ., Wongkar, V. ., Mangelep, N. O. ., & Lomban, E. A. . (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Powtoon Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2), 107–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i2.4219

Issue

Section

Articles