ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN PEMAHAMAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS III A SELAMA MASA PANDEMI DI MI MIFTAHUL HUDA TINALAN KOTA KEDIRI
DOI:
https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.3870Keywords:
pemahaman siswa, pembelajaran matematika, masa pandemi Covid-19Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana taraf pemahaman siswa pada pembelajaran matematika di sekolah dasar saat pembelajaran jarak jauh masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh subjek penelitian sebanyak 30 anak. Instrumen yang di gunakan adalah instrumen tes yang berkaitan dengan soal matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa pada pembelajaran matematika di MI Miftahul Huda Tinalan Kota Kediri saat masa pandemi Covid-19 mengalami penurunan, hal itu dapat terlihat dari hasil angket tes yang di berikan. Selain itu, pembelajaran secara daring di masa pandemi ini memiliki beberapa kekurangan dan kemungkinan tidak efektif, banyak peserta didik dan guru sebagai fasilitator merasa kesulitan dalam melakukan kegiatan belajar mengajar dikarenakan banyaknya kendala dari pembelajaran daring.
Downloads
References
Abidin, Z. 2020. Belajar Mtematika di Era Covi-19. Bandung: PT Refika Aditama.
Amir, A. 2014. Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manupilatif. Forum Paedagogik. Volume 06 No. 01. Halaman 72-89.
Arikunto, S & Jabar, C. S. 2010. Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arga, Amaludin Septiriadi. Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemu Covid-19. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. ISSN 2549-3906 E-ISSN 2549-3914.
Azhari, & Fajri. 2021. Dustance Learning During the Civid,19 Pandemic: School closure in Indonesia. Internasional Journal of Matematical Education in Science and Technology. Halaman 1-21.
Darmalaksana, W., Hambali. 2020. Analisis Pembelajaran Online Masa WFH Pandemic Covid-19 sebagai Tantangan Pemimpin Digital Abad 21. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19. Hal 1-12. Fakultas Usuluddin, UIN Snan Gunung Djati Bandung.
Dewi, W. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan volume 2 no. 1, halaman 55-61.
Diana, P & Pamungkas. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa: Ditinjau dari Katagori Kecemasan Matematika. Supremun Journal of Mathematics Education. Volume 4 no. 1 halaman 24.
Fachrurazi. 2017. Pemebelajaran matematika realistik di sekolah dasar pada materi FPB dan KPK dengan model penyajian paket makanan. Al khawarizmi: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, halam 1.
Febriani, P & Widada, W. 2019. Pengaruh Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siqa SMA Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Reflesia. Vol. 04 No. 02, Desember 2019. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr.
Fuady, A. 2017. Berpikir Reflektif dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Volume 1 No. 2 P-ISSN: 2502-7638; E-ISSN: 250-8391, hal 104-112.
Gantini, T: Herrhyanti, N. 2009. Pengantar Statistik Matematis. Bandung. CV. YRAMA WIDYA.
Lestari, Shindy. 2021. Pembelajaran Daring Pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar. Journal Of Madrasah Ibtidaiyah Education. Vo. 5, No. 1. Hal 141-155.
Munawaroh, I. 2019. Penggunaan Media Sosial.Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas 9 di SMPN 1 Sindangkasih Kabupaten Ciamis Tahun Pelajaran 2017/2018. Volume 1 No. 9. ISBN: 978-602-9250-39-8. Tasikmalaya: Program Studi Mgister Pendidikan Matematika, Universitas Siliwangi.
Nesi, Y. M. D. 2021. Analisis Keefektifan Pembelajaran Sebelum dan Sesudah Pandemi Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Pengukuran. Jurnal Riset Pendidikan Fisika. Vol 6, No. 1. Hal 65-74.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Nada Yumna Ramadanti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.