Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Heri Sucipto Universitas Ivet
  • Ratih Kusumawati Universitas Ivet
  • Akhmad Nayazik Universitas Ivet

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1440

Keywords:

Kesulitan Belajar, Kemampuan Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis faktor kesulitan belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Al Hidayah Sadeng Kota Semarang sebanyak 33 siswa akan tetapi pada saat penelitian tidak hadir 3 siswa, sehingga subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian adalah lembar observasi kemampuan komunikasi matematis sebanyak 4 aspek pengamatan, angket faktor kesulitan pembelajaran sebanyak 50 butir soal pilihan ganda, soal tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 2 butir soal essay, serta wawancara. Hasil tes yang telah dilaksanakan membagi siswa ke dalam 3 kriteria kemampuan komunikasi matematis. Terlihat analisis angket kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi tinggi sebanyak 9 siswa mengalami kesulitan belajar pada faktor internal yaitu kesiapan belajar yang rendah, analisis angket kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi sedang sebanyak 18 siswa mengalami kesulitan belajar pada faktor internal yaitu motivasi belajar dan keaktifan bertanya, serta analisis angket kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi matematis rendah sebanyak 3 siswa yang mengalami kesulitan belajar pada faktro internal yaitu pad bakat dan minat belajar serta pada faktor eksternal yaitu pada perhatian orangtua.

Author Biography

Heri Sucipto, Universitas Ivet

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui serta menganalisis faktor kesulitan belajar matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIA MTs Al Hidayah Sadeng Kota Semarang sebanyak 33 siswa akan tetapi pada saat penelitian tidak hadir 3 siswa, sehingga subjek penelitian sebanyak 30 siswa. Instrumen penelitian adalah lembar observasi kemampuan komunikasi matematis sebanyak 4 aspek pengamatan, angket faktor kesulitan pembelajaran sebanyak 50 butir soal pilihan ganda, soal tes kemampuan komunikasi matematis sebanyak 2 butir soal essay, serta wawancara. Hasil tes yang telah dilaksanakan membagi siswa ke dalam 3 kriteria kemampuan komunikasi matematis. Terlihat analisis angket kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi tinggi sebanyak 9 siswa mengalami kesulitan belajar pada faktor internal yaitu kesiapan belajar yang rendah, analisis angket kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi sedang sebanyak 18 siswa mengalami kesulitan belajar pada faktor internal yaitu motivasi belajar dan keaktifan bertanya, serta analisis angket kesulitan belajar pada kemampuan komunikasi matematis rendah sebanyak 3 siswa yang mengalami kesulitan belajar pada faktro internal yaitu pad bakat dan minat belajar serta pada faktor eksternal yaitu pada perhatian orangtua.

References

Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006

Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.

Mulyasa. 2004. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep Karakteristik dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sari, R. S. P. 2018. Pengembangan bahan ajar matematika pada materi bangun ruang sisi datar menggunakan software microsoft adobe flash untuk kelas VIII SMP. Skripsi. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. United State of

America: Library of Congress Cataloguing.

Yulisa, D. S. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap Kemampuan komunikasi Matematis Siswa SMP. Bandung: Universitas Pasundan.

Moelong, L.J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nisya’, K. 2011. Analisis kesulitan belajar matematika pada peserta didik kelas VIII semester II pokok bahasan panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran MTs Negeri Bonang tahun pelajaran 2010/2011. Skripsi. Semarang: Fakultas Tarbiyah. Institut Agama Islam Negeri Walisongo.

Surur, A. M. 2017. Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017). In Prosiding Seminar Nasional PPKn III.

Tyas, N.M. 2016. Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matematika kelas IV Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

28-06-2019

How to Cite

Sucipto, H., Kusumawati, R., & Nayazik, A. . (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(2), 114–122. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i2.1440

Issue

Section

Articles