Hubungan Disposisi Matematika dengan Kemampuan Komunikasi Matematis

Authors

  • Asyifa Khoirunnisa Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nisvu Nanda Saputra Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Yenni Universitas Muhammadiyah Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3404

Keywords:

Hubungan, Disposisi Matematis, Komunikasi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dari disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa. dari hasil penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa yaitu ditunjukkan dengan nilai korelasi yang diperoleh sebesar 0,425 yang artinya terdapat hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis siswa sebesar 18,1%. Besaran hubungan antara disposisi matematis dengan kemampuan komunikasi matematis bernilai positif pada interpretasi tingkat keeratan hubungannya termasuk dalam kategori sedang dengan nilai signifikan sebesar 0,002 yang berarti  diterima dan  ditolak.

References

Ansari, B. I. (2016). Komunikasi Matematik, Strategi Berpikir dan Manajemen Belajar : Konsep dan Aplikasi. PeNA.

Bella, Y., Suhendri, H., & Ningsih, R. (2019). Peranan Metode Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Mercumatika, 3, 129–135.

Hasbullah, & Wiratomo, Y. (2015). Metode, Model, dan Pengembangan Model Pembelajaran Matematika. Unindra Press.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Refika Aditama.

Hodianto. (2017). KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. AdMathEdu, 7.

Khadijah, I. N. A., Maya, R., & Setiawan, W. (2018). ANALISIS KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMP PADA MATERI STATISTIKA. Jurnal Pendidikan Matematika Inovatif, 1.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika.

Mahmuzah, R. (2016). Pembelajaran Problem Posing untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. Jurnal Didaktik Matematika, 3(2), 67–74.

Qodariyah, L., & Hendriana, H. (2015). MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIK SISWA SMP MELALUI DISCOVERY LEARNING. Edusentris, 2.

Radiusman, R., & Simanjuntak, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Ttw Terhadap Kemampuan Komunikasi Tertulis Dan Disposisi Matematis Siswa [the Effect of the Ttw Type Cooperative Learning Model on Written Communication Skills and Mathematical Disposition]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 164. https://doi.org/10.19166/johme.v3i2.2392

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian. Alfabeta.

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

Khoirunnisa, A., Saputra, N. N., & Yenni. (2021). Hubungan Disposisi Matematika dengan Kemampuan Komunikasi Matematis . Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 91–104. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3404

Issue

Section

Articles