Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Cerita Siswa Kelas VIII Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel di SMP PGRI Sumobito
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i1.1682Keywords:
Sistem persamaan dua variabel, soal cerita, remidiAbstract
Kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dapat dipandang sebagai indikator kesulitan yang dialami siswa bersangkutan sehingga dapat dikatakan, jika siswa mengalami kesulitan maka siswa tersebut akan mengalami kesalahan. Dalam penelitian ini, peneliti menelaah letak kesalahan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita materi system persamaan linier dua variable dan jenis kesalahan yang dilakukan siswa kelas VIII dalam menyelesaikan soal cerita. Kesimpulan penelitian ini adalah, bahwa kesulitan demi kesulitan yang dihadapi siswa bila tidak segera dipecahkan akan selalu dan semakin membebani siswa sehingga secara otomatis akan menghambat proses dan pola piker siswa sehingga prestasi belajarpun juga akan berpengaruh. Peneliti mencari dan memberikan jalan keluar dan mencoba memberikan bantuan pemecahan masalah kepada siswa dengan cara memberikan bimbingan dengan penuh perhatian, kasih sayang, telaten, tanggap terhadap berbagai situasi dan kondisi dan dilanjutkan dengan pemberian pelajaran remedial.
Downloads
References
Creswell, John W. 1998. Qualitative Inquiry and Research Design, Choosing Among Five Traditions. California: Sage Publication
Moleon Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset.
Nasution. 2006. Metode Penelitian Naturalistik-kualitatif. Bandung: Tarsito,
Soedjadi, R. 2000. Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Arikunto, Suharsimi. 2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi VI, Jakarta: Rineka Apta
Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya
Vredenbregt, J. 1983. Metode Dan Teknik Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia