Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Operasi Bentuk Aljabar

Authors

  • Maxima Ernesta Jelita Elu Universitas Flores
  • Stefanus Notan Tupen Universitas Flores
  • Ningsih Universitas Flores

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.3110

Keywords:

Pembelajaran tipe Talking Stick, Aktivitas dan Hasil Belajar

Abstract

Berdasarkan pengamatan yang dilakukan peneliti di kelas VII SMPN Satu Atap 1 Bajawa Utara ditemukan bahwa banyak siswa yang belum terlalu aktif dan hasil belajar belum mencapai KKM yakni 65. Salah satu penyebabnya adalah guru masih menggunakan metode konvesional. Penelitian ini bertujuan guna melihat peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa, melalui model pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan tahapan sebagai berikut : perencanaan, Pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN Satap 1 Bajawa Utara.Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes dan dokumentasi. Hasil analisis peneliti menemukan bahwa ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 46,67% dan pada siklus II sebesar 86,36% sehingga terdapat peningkatan hasil belajar sebesar 40% hasil observasi pengamatan pada aktivitas siswa dalam pembelajaran siklus I sebesar 70,45% dan pada siklus II sebesar 86,34% sehingga terdapat peningkatan sebesar 15,91%. Oleh karena itu penulis menyimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdurrahman. (2003). Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Anugrahini, D. (2012). Peningkatan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran Talking Stick pada siswa kelas IV SDN Sumbe (Abdurahman, 2003)rejo Kabupaten Kediri. Skripsi Malang : Universitas Negeri Malang.

Abdurrahman. (2003). Berkesulitan Belajar.Jakarta: Rineka Cipta

Djoko Santoso.(2007). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Badan Penerbit FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Mudiarta, IW. (2018).“Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Melalui Metode Pembelajaran Talking Stick pada Kelas XI AK-1 SMK Negeri 2 Paluâ€. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 7 Nomor 2, 15-16

Murtato, W.S. (2011). Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan pembelajaran IPA kelas IV SDN 2 Pringapus Kecamatan Dongko Kabupaten Trenggalek. Skripsi, Malang : Universitas Negeri Malang.

Noryana. (2013). Meningkatkan Minat Belajar PKN Materi Hak Asasi Manusia Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick pada Siswa Kelas X.A SMA Negara II Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan.Volume 3, 5

Rustaman, (2001). Proses pendidikan. Jakarta: PT BumiAksara

Sudjana, N. (1995) penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Syari, R. (2019). Penggunaan Strategi Talking Stick untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Persamaan Trigonometri untuk Siswa Kelas XI Mipa 4 SMA Negeri 1 Kampar Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 Nomor 1. 22

Widyaningrum R. A .(2011). Penerapan model pembelajaran Talking Stick untuk meningkatkan aktivitas belajar IPS siswa kelas IV SDN Sidorejo Kecamatan Doko Kabupaten Blitar. Skripsi Malang : Universitas Blitar.

Downloads

Published

30-06-2021

How to Cite

Elu, M. E. J., Tupen, S. N., & Ningsih. (2021). Penerapan Model Talking Stick untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar pada Materi Operasi Bentuk Aljabar. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 3(2), 139–148. https://doi.org/10.30762/factor_m.v3i2.3110

Issue

Section

Articles