Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Problem dengan Model Think-Pair- Share terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif

Authors

  • Sri Pujilestari UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.964

Keywords:

Pembelajaran Maematika, Open-ended Problem, Think-Pair-Share, Berpikir Kreatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Dlingo, Bantul, Yogyakarta pada Semester Gasal. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII A, VIII B, VIII C, VIII D dan VIII E semester 1 SMP Negeri 1 Dlingo . Sampel yang digunakan adalah dua kelas yang diambil secara teknik cluster random sampling, yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen, kelas VIII B sebagai kelas kontrol, sedangkan untuk kelas uji coba adalah kelas IX A. Posttest dilakukan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta didik setelah diberi perlakuan. Soal tes yang diberikan, terlebih dahulu telah diujicobakan di kelas uji coba. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis open-ended problem dengan model think-pair-share lebih efektif dibandingkan pembelajaran matematika konvensional terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik.

References

Depdiknas. “Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah†(2006).

Erman Suherman, dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer (Bandung: JICA UPI, 2003).

Furqon, Statistika Terapan untuk Penelitian, (Bandung: Alfabeta, 2002).

Japar. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Open-Ended (Jurnal yang diambil dari http://pusdiklatteknis.depag.go.id/download/jurnal09.doc, 2009).

Sugiyono, Metodologi Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, (Bandung: Alfabeta, 2007).

Suharsimi Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Jakarta: Bumi Aksara, 1993).

Suharsimi Arikunto, Manajemen Penelitian, (Jakarta: Rineka Cipta, 1998).

Sukardi, Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya, (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

Wayan Nurkancana dan Sunartana. Evaluasi Pendidikan, (Surabaya: Usaha Nasional, 1982).

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Pujilestari, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Matematika Berbasis Open-Ended Problem dengan Model Think-Pair- Share terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 57–76. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.964

Issue

Section

Articles