Pengembangan LKPD Berilustrasi Komik dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VII

Authors

  • Novferma Universitas Jambi
  • Wardi Syafmen Universitas Jambi
  • Ika Wati Universitas Jambi

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3261

Keywords:

LKPD, Ilustrasi Komik, Budaya Jambi, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kualitas LKPD Berilustrasi Komik dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VII berdasarkan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan dari suatu produk pengembangan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE dengan lima tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subjek penelitian pengembangan ini adalah salah satu guru matematika dan siswa kelas VII SMP Islam Al Falah Kota Jambi dengan jumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli instrumen, validasi ahli desain, validasi ahli materi, angket respon pendidik, angket respon peserta didik dan angket motivasi belajar. Hasil pengembangan berupa LKPD berilustrasi komik dengan konteks budaya Jambi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMP kelas VII yang telah mendapatkan penilaian kevalidan LKPD dari validator ahli dengan rata-rata kevalidan 79,3% kategori Valid untuk digunakan. Penilaian Kepraktisan LKPD dari uji coba terhadap peserta didik dan guru dengan rata-rata persentase 96% kategori sangat praktis untuk digunakan. Dan penilaian keefektifan LKPD dari angket motivasi belajar siswa mendapatkan nilai 83,25% kategori sangat efektif untuk digunakan.

References

Afifah, N., Aini, K., & Isnaini, M. (2018). HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII PADA MATERI SISTEM ORGANISASI KEHIDUPAN. Jurnal Bioilmi, 4.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. USE : Springer Science -Bisnis Media, LLC, 233 Spring Street, New York, NY 10013, USA.

Dyah R, F., & Marsigit. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Etnomatematika untuk Meningkatkan Prestasi dan Motivasi belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 6, 69–76.

Kusmaryono, I. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Edutainment Berbasis Budaya Lokal di Daerah Bencana. Jakarta: Makalah Seminar Kemendikbud Dikti.

McCloud, S. (1993). Understanding Comics. New York: HarperCollins.

Mujawal, W. A., Bani, A., & La Nani, K. (2018). Penggunaan Media Komik dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Pada Materi SPLDV. Delta-pi, 7, 1–10.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Supriyanta, E. Y. (2015). Pengembangan Media Komik untuk Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tentang Sejarah Persiapan Kemerdekaan Indonesia pada kelas V SD Muhammadiyah Mutihan Wates Kulonprogo. Yogyakarta: UNY.

Uno, H. B. (2017). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Wandari, A., Kamid, & Maison. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada Materi Geometri Berbasis Budaya Jambi untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa. Edumatematika, 1, 47–55.

Widjayanti, E. (2008). Kualitas Lembar Kerja Siswa .Makalah dalam Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Yulian, V. N. (2018). Developing Teaching Materials Using Comic Media to Enhance Students’ Mathematical Communicatio. Materials Science and Engineering. https://doi.org/10.1088/1757-899X/335/1/012110

Downloads

Published

30-12-2021

How to Cite

Novferma, Syafmen, W., & Wati, I. (2021). Pengembangan LKPD Berilustrasi Komik dengan Konteks Budaya Jambi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMP Kelas VII. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(1), 105–124. https://doi.org/10.30762/factor_m.v4i1.3261

Issue

Section

Articles