Peran Orang Tua terhadap Peningkatan Prestasi Anak
DOI:
https://doi.org/10.30762/factor_m.v2i2.2308Keywords:
orang tua, keluarga, prestasi, karakterAbstract
Pendidikan pertama adalah dalam keluarga yang didalamnya terdapat orang tua. Orang tua perannya sangat penting, terlebih pada putra-putrinya yang masih dalam jenjang Pendidikan sekolah. Pendidikan di lingkungan rumah mampu mempengaruhi Pendidikan yang ada di sekolah. Sehingga tidak sedikit siswa yang orang tuanya peduli membuat anaknya di sekolah berprestasi. Oleh karena itu perlu ditelusuri apa saja peran yang dilakukan oleh orang tua sehingga anaknya berprestasi. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menulusuri peran-peran orang tua melalui instrument penelitian secara deskriptif. Hasilnya siswa menjadi disiplin. Hal ini berkat didikan orang tua yang melatih anaknya untuk selalu tanggung jawab dalam semua aktifitas. Juga kebiasaan-kebiasaan yang baik harus diterapkan juga dalam lingkungan sekolah. Antara sekolah dan keluarga merupakan dua lingkungan yang mempengaruhi keadaan anak. Dengan maksimalnya Pendidikan yang dilakukan orang tua dan guru, siswa menjadi terbantu lebih terarah dan terdidik, sehingga tidak akan melangkah keluar dari norma-norma yang telah diberlakukan, baik dilingkungan sekolah maupun lingkungan rumah.
Downloads
References
Arikunto, S. (2003). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bumi Aksara.
Gottschalk, L. (1986). Understanding History; A Primer of Historical Method (Terjemahan: Nugroho Notosusanto. UI Press.
Pratini, S. (2005). Psikologi Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Renier, G. . (1997). Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Pustaka Pelajar.
Slameto. (2003). Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. PT Rineka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Surur, A. M. (2018). Peningkatan Kemampuan Khatabah (Public Speaking Skill) Santri Ma’had Darul Hikmah IAIN Kediri. Ijaz Arabi Journal of Arabic Learning, 1(2).
Surur, Agus Miftakus. (2017). Formasi 4-1-5 Penakhluk Masalah (Studi Kasus: Penulisan Karya Tulis Ilmiah Proposal Skripsi STAIN Kediri 2017). Prosiding Seminar Nasional PPKn III, 1–8.
Surur, Agus Miftakus, Rosyidi, A. H., Prasetia, Y. A., Asrori, K., & Azizah, L. (2018). Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian). Edudeena, 1(1), 13–32.
Surur, Agus Miftakus, Septiarini, E., & Trianawati, A. Y. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa di MAN Kediri 1 Kota Kediri melalui Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, XV(1).
Syaidih, N. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosda Karya.
Tyas, N. W., Wabula, D. C., & Surur, A. M. (2018). Peran Pengurus Pondok Pesantren dalam Menanamkan Kedisiplinan Santri. Jurnal Al-Makrifat, 3(2).
Winkel, W. . (1989). Psikologi Pengajaran. Gramedia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Triya Oktafiani, Fajerin Munawaroh, Nur Safitri Ninda Sari, Nur Wachidatul Istiqomah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.