Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian)

Authors

  • Agus Miftakus Surur Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Abdul Hafid Rosyidi Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Yanuar Adi Prasetia Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Khozinatul Asrori Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri
  • Latifatul Azizah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kediri

DOI:

https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.960

Keywords:

Menyontek, Latar Belakang, Siswa

Abstract

Menyontek adalah perbuatan yang dilakukan peserta didik dalam mencari jawaban dengan berbagai cara seperti melihat catatan, melihat buku, melihat jawaban dari teman dan juga mencari jawaban dari media internet, yang tujuannya supaya peserta didik dapat mengisi pertanyaan atau menjawab pertanyaan walaupun jawaban yang ia dapatkan belum tentu benar. Hampir semua siswa dalam kelas pernah atau melakukan perilaku menyontek. Hal tersebut disebabkan karena faktor kurang percaya diri, kebiasaan, malas, tidak siap, terpengaruh teman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab siswa mencontek di MTs Sunan Gunung Jati. Dengan mengetahui hal tersebut, maka dapat sehingga mampu ditanggulangi penyebabnya. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, karena membahas permasalahan secara mendalam hingga pemecahan masalahnya dan juga menyangkut pelajaran yang dapat diambil. Adapun faktor yang membuat siswa melakukan prilaku menyontek, ada dua faktor yaitu faktor internal (dalam diri sendiri) dan faktor eksternal. Usaha untuk mengurangi menyontek dapat melakukan: Selalu membiasakan belajar sebelum ujian maupun pada hari-hari, mengontrol anaknya dan selalu mengingatkan anaknya untuk selalu belajar, memberikan punishment dan reward kepada siswa yang menyontek dan yang tidak menyontek.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, M. 2011. “Permasalahan Belajar dan Inovasi Pembelajaranâ€. Bandung: PT Refika Aditama.

Andi, Prastowo. 2014. Metode Penelitian Kualitatif Dalam Persepektif Rancangan Penelitian Jakarta: ar-Ruzz,

Emzir, 2008.Metode Penelitian Pendidikan Jakarta: Raja Grafindo Persada,

Hartanto, 2012. Mencontek Mengungkap Akar Masalah dan Solusinya, Jakarta : Indeks

Husein Dkk, 1998. Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara,

Izzati, Evi Mahdiya, 2017, Latar Belakang Siswa Mencontek (studi kasus di MTsN 1 Kota Kediri). SKRIPSI Pendidikan Agama Islam STAIN Kediri.

Kushartanti, Anugrahning. †Perilaku Menyontek Ditinjau Dari Kepercayaan Diriâ€, Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi. (online), 2 Nopember, 2009.

Moleong. 2007. Metode Penelitian Kualiutatif, Bandung: Remaja Rosdakarya

Nyayu, Khodijah. 2016. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pres,

Prayitno, Elida. f. 2006 “Psikologi Perkembangan Remaja.†Padang: Angkasa Raya.

Putra, Nusa. 2011. Penelitian Kualitatif: Proses dan Aplikasi. Jakarta: Indeks,

Rahmad, Ali. 2004. Kapita Seleksa Pendidikan. Jakarta: PT Bina Ilmu,

Tim Penyusun Kamus pusat Pembinaan dan Pengembanga bahasa, 1997. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Tohirin. 2012. Metode Penelitian Kualitatid Dalam Bimbingan Konseling, Jakarta: Rajawali Pers,

Downloads

Published

30-12-2018

How to Cite

Surur, A. M., Rosyidi, A. H., Prasetia, Y. A., Asrori, K., & Azizah, L. (2018). Problematika Pembelajaran Siswa MTs Sunan Gunung Jati (Studi Kasus Latar Belakang Siswa Menghadapi Ujian). Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 1(1), 13–32. https://doi.org/10.30762/factor_m.v1i1.960

Issue

Section

Articles